test

Regional

Jumat, 18 Februari 2022 11:20 WIB

Keluarkan Abu Vulkanik 800 M, Gunung Ibu di Pulau Halmahera Erupsi Pagi Ini

Editor: Ferro Maulana

Gunung Ibu di Pulau Halmahera, Maluku Utara. (Foto: Dok Net).

PMJ NEWS - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan Gunung Ibu yang terletak di Pulau Halmahera, Maluku Utara mengalami erupsi pukul 09.56 WIT, Jumat (18/2/2022).

Berdasarkan catatan PVMBG, Gunung Ibu mengeluarkan abu vulkanik setinggi 800 meter.

“Terjadi erupsi Gunung Ibu pada Jumat tanggal 18 Februari 2022, pukul 09:56 WIT dengan tinggi kolom abu teramati ± 800 m di atas puncak (± 2125 m di atas permukaan laut),” demikian tulis PVMBG dalam siaran pers tertulisnya.

Menurut PVMBG, saat ini kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal ke arah barat daya. Erupsi itu terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 23 mm dan durasi 60 detik.

Di samping itu, PVMBG meminta agar masyarakat di sekitar Gunung Ibu dan pengunjung atau wisatawan agar tidak beraktivitas di dalam radius 2,0 km dan perluasan sektoral berjarak 3,5 km ke arah bukaan kawah di bagian utara dari kawah aktif Gunung Ibu.

“Bila terjadi hujan abu, masyarakat yang beraktivitas di luar rumah disarankan untuk menggunakan pelindung hidung, mulut (masker) dan kacamata,” pungkasnya.

BERITA TERKAIT