test

Fokus

Sabtu, 12 Februari 2022 13:29 WIB

Sukseskan Pramusim MotoGP Mandalika untuk Investasi Jangka Panjang

Editor: Ferro Maulana

Balap MotoGP di Sirkuit Mandalika NTB. (Foto: Ilustrasi/ Dok Net)

PMJ NEWS -  Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengecek langsung Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB), untuk memastikan kesiapan penyelenggaraan Official Test atau tes pramusim MotoGP. 

Dalam tinjauannya tersebut, Sigit melihat kesiapan dari segi pelaksanaan protokol kesehatan (prokes), penerapan sistem bubble hingga pola pengamanan. 

Tujuannya, agar event internasional tersebut berjalan aman dan lancar sekaligus memperhatikan faktor kesehatan bagi seluruh pihak terkait dalam kegiatan tersebut. 

"Baru saja kita melaksanakan pengecekan secara langsung terkait persiapan keamanan yang dilaksanakan dalam rangka memastikan seluruh rangkaian kegiatan pramusim dan nanti kegiatan pelaksanaan MotoGP Pertamina Grand Prix of Indonesia dilaksanakan bulan Maret," kata Sigit.

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengecek langsung Sirkuit Mandalika. (Foto: PMJ News).
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengecek langsung Sirkuit Mandalika. (Foto: PMJ News).
Sigit mengaku, dari laporan yang diterimanya, segala permasalahan yang sempat muncul, saat ini sudah bisa diselesaikan. 

Kemudian, dari segi penerapan protokol kesehatan, kata Sigit, hal itu sudah diberlakukan mulai dari pintu masuk ke Indonesia.  

Penegakan prokes, sambung Sigit, juga dilakukan di tempat akomodasi hingga lokasi pelaksanaan event itu sendiri, yakni Sirkuit Mandalika. 

Sigit menjelaskan, pemeriksaan mulai dari dokumen, test RT-PCR, Test Swab Antigen harian, hingga pengaturan batas-batas area baik untuk peserta, ofisial, dan masyarakat, telah berjalan sebagaimana standar operasional prosedur (SOP).

"Sehingga kemudian ini tidak tercampur dengan panitia daerah atau masyarakat yang mungkin akan membantu melaksanakan kegiatan di Sirkuit," tutur Sigit. 

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengecek langsung Sirkuit Mandalika. (Foto: PMJ News).
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengecek langsung Sirkuit Mandalika. (Foto: PMJ News).


"Artinya kita lihat bahwa untuk sistem Bubble dalam rangka menjaga protokol kesehatan semua berjalan baik," sambung mantan Kabareskrim Polri itu.

Selain itu, mantan Kapolda Banten tersebut memaparkan bahwa, sebanyak 1.598 personel gabungan dari TNI-Polri dan stakeholder lainnya, dikerahkan untuk melakukan pengamanan dalam pelaksanaan event internasional itu. 

"Dan juga tentunya akan ada penambahan-penambahan yang disesuaikan dengan pola pengamanan dan ancaman yang dihadapi," ucap Sigit.

Demi memastikan pelaksanaan Official Test Motogp 2022 dan Pertamina Grand Prix of Indonesia berjalan lancar, Sigit menyebut, pihak TNI-Polri, Forkopimda serta Komandan Lapangan MotoGP Mandalika Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto, untuk terus melakukan evaluasi secara terus menerus. 

"Namun demikian secara umum seluruhnya, saya melihat berjalan dengan baik. Dan tentunya ini akan terus dilaksanakan evaluasi oleh Pak Kapolda berkoordinasi dengan Bapak Komandan Lapangan," tuturnya. 

"Sehingga seluruh rangkaian dipastikan bisa berjalan aman dan pengendalian Covid-19, protokol kesehatannya berjalan sesuai yang kita harapkan," tutup Sigit.

Penyekatan Jalan Menuju Sirkuit Mandalika

Jajaran Polda Nusa Tenggara Barat (NTB) telah melakukan penyekatan akses menuju Sirkuit Mandalika selama tes pramusim MotoGP berlangsung, pada 11-13 Februari 2022.

Penyekatan jalan. (Foto: Pemprov NTB)
Penyekatan jalan. (Foto: Pemprov NTB)


Kabid Humas Polda Nusa Tenggara Barat (NTB), Kombes Pol Artanto menjelasakan, pihaknya telah menyiapkan beberapa titik penyekatan seperti di Gapura Tembolak Kota Mataram, Bundaran BIL, dan Bundaran Sunggung Mandalika.

Adapun kendaraan yang tidak mempunyai akses ataupun kepentingan menuju kawasan Mandalika selama tes pramusim akan disuruh untuk putar balik.

"Misalnya dia mau ke sirkuit ada kepentingan tunjukan (bukti undangan atau ID pengenal), kita akan kasih stiker dan cepat sampai sirkuit," ujarnya. 

"Apabila dia pada saat pramusim tidak ada kepentingan dan tidak ada akses ke sana, ya kita putar balik," lanjut Artanto. 

Penyekatan menuju kawasan sirkuit Mandalika akan berlangsung selama tiga hari yakni pada Jumat, Sabtu, dan Minggu.

Bagi masyarakat yang ingin berwisata ke pantai-pantai di sekitar sirkuit, pihaknya meminta untuk menunda kegiatan dan melakukannya setelah tes pramusim MotoGP berakhir.

"Untuk sementara ditunda dulu karena ini ada event. Nanti setelah event silakan mau berwisata, kan waktunya cukup banyak," sambungnya.

1.628 Personel Gabungan Diterjunkan

Sebanyak 1.628 personel gabungan akan dikerahkan untuk melakukan pengamanan selama tes pramusim ini.

Pengamanan aparat gabungan. (Foto: Dok Net)
Pengamanan aparat gabungan. (Foto: Dok Net)

Artanto mengatakan, meski agenda pramusim digelar tanpa tiket penonton. Tetapi, ada sekitar 500-1.000 undangan yang akan hadir di Mandalika.

Para tamu undangan tersebut antara lain pejabat dan pihak-pihak yang berkompeten terhadap event tersebut. 

Pengamanan juga akan ditingkatkan di Bandara Lombok sebagai salah satu akses masuk menuju Mandalika.

Pihaknya meminta agar tamu-tamu yang hadir tetap taat pada protokol kesehatan karena saat ini kasus Covid-19 varian omicron sedang tinggi.

"Saat pre season ini akan ada undangan 500-1.000 itu, undangan itu harus kita pastikan bahwa prokes dilakukan dengan baik," tuturnya. 

"Kita ada satgas prokes yang akan mengawal itu," katanya lagi.  

Di samping satgas prokes, Polda juga menyiapkan satgas pengurai kemacetan yang bertugas berpatroli menuju lokasi- lokasi yang berpotensi menimbulkan kemacetan. 

"Kita harapkan tidak ada kemacetan kalaupun ada kendaraan dengan jumlah volume cukup besar, roda harus tetap berputar," tandasnya. 

Dongkrak Ekonomi Rakyat

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Ahmad Sahroni memastikan MotoGP Mandalika 2022 bakal berkontribusi positif bagi ekonomi Tanah Air. 

Apalagi, para pembalap MotoGP menunjukkan kenyamanan mereka saat berada di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

 “Sekarang bisa dilihat, baru tes pramusim saja sudah terasa dampaknya untuk pariwisata di Mandalika maupun peningkatan UMKM di sana,” ujar Sahroni. 

Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni. (Foto: DPR)
Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni. (Foto: DPR)

Ketua OC Formula E Jakarta 2022 ini menilai para atlet MotoGP menunjukkan kenyamanan mereka saat berada di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Ini respons positif sekaligus investasi jangka panjang bagi Indonesia. Dan kesuksesan ajang ini bisa membawa Indonesia menjadi tuan rumah di ajang-ajang internasional lainnya.

“Para atlet MotoGP juga banyak yang membagikan kenyamanan mereka selama di Mandalika. Ini merupakan respon positif, dan tentu hal ini adalah investasi jangka panjang dan menyeluruh, yang memang seharusnya kita perhatikan," tuturnya. 

"Dengan suksesnya MotoGP di Indonesia, ke depannya negara kita bisa menjadi tuan rumah bagi ajang international lainnya. Misalnya, Olympic maupun piala dunia,” tandasnya.

Hasil Tes Pramusim MotoGP Mandalika 2022

Tes pramusim Moto GP di sirkuit Mandalika resmi dilakukan, yang mana waktu putaran berlangsung pada pukul 10 WIB saat hari pembukaan, Jumat (11/2/2022). 

Tes perdana MotoGP di sirkuit baru Mandalika Indonesia dimulai dalam kondisi basah. Adapun, pembalab Suzuki, Alex Rins menjadi yang pertama menjajal trek tersebut. 

Sebagai informasi, tim dan pembalap MotoGP mempunyai kesempatan untuk mempelajari sirkuit baru dalam persiapan untuk balapan pada akhir pekan 18—20 Maret 2022 sebagai grand prix motor di Indonesia, pasca 1997.

Hasil tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika. (Foto: Dok Net)
Hasil tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika. (Foto: Dok Net)

Pengujian di Mandalika berlangsung dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore WIB, dilanjutkan dengan latihan dimulai dengan mesin-mesin motor kelas premium yang terdengar meraung-raung dari arah pitlane.

Tes pramusim di Mandalika ini akan berlangsung tiga hari, yakni 11-13 Februari. Setiap harinya, sesi tes akan berlangsung selama delapan jam. 

Dengan satu kali sesi istirahat makan siang. Adapun, hasil tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika hari pertama sesi 1 baru saja rampung, Jumat (11/2/2022). 

Dua calon kuat juara MotoGP 2022, Marc Marquez (Repsol Honda) dan Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) terlihat belum menunjukan taringnya.

Hal ini disebabkan, Marc Marquez hanya menduduki posisi sembilan dan terpaut 1,987 detik dari pembalap teratas. Sementara itu, Fabio Quartararo sedikit lebih baik dengan menempati posisi ketujuh dan terpaut 1,45 detik dari pembalap teratas. 

Adapun pembalap tercepat dalam tes kali ini diraih oleh tim Pramac Ducati, Johann Zarco yang mencatatkan waktu 1 menit dan 44,830 detik. 

Mengekor di posisi dua ada rider pabrikan Ducati, Jack Miller dengan catatan waktu 1 menit 44,848 detik. Sementara, pembalap andalan Tim Red Bull KTM, Brad Binder, melengkapi posisi tiga besar dengan perolehan waktu terpaut 0,395 detik dari pebalap teratas sehingga dapat dikatakan posisi lima besar dikuasai rider Ducati dan KTM Red Bull. 

Penyebabnya, posisi empat ditempati Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) terpaut 0,431 detik dari pembalab teratas, sedangkan Miguel Oliveira (KTM) menduduki posisi lima dengan catatan waktu 1 menit 45,445 detik. 

Untuk diketahui tes pramusim menjadi bagian krusial bagi tim-tim MotoGP sebelum menentukan mesin yang bakal dipakai untuk bertarung mengarungi musim balap 2022. 

Sesuai peraturan, MotoGP memberlakukan pembekuan mesin atau engine freeze selama satu musim balapan. Jadi dari beberapa spesifikasi mesin yang dijajal, akan dipilih satu yang dirasa terbaik.

Lalu, mesin-mesin itu akan disegel. Dan baru dibuka jika akan digunakan. Tentu saja harus dengan sepengetahuan MotoGP. Untuk satu musim, masing-masing pembalap diperbolehkan memiliki cadangan tujuh mesin. 

Bagi tim yang memiliki hak konsesi yaitu Aprilia, diperbolehkan menggantai sampai sembilan kali. Dengan pertimbangan itu pula, tim-tim akan memaksimalkan waktu tes pramusim yang hanya lima hari. Yakni, dua hari di Sepang, Malaysia dan tiga hari di Mandalika.

Di bawah ini hasil tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika Hari Pertama Sesi 1: 

1.Johann Zarco FRA Pramac Ducati (GP22) 1m 44.830s 

2.Jack Miller AUS Ducati Lenovo (GP22) +0.018s 

3. Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16) +0.395s 

4.Francesco Bagnaia ITA Ducati Lenovo (GP22) +0.431s 

5. Miguel Oliveira POR Red Bull KTM (RC16) +0.615s. 

6. Alex Rins SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR) +-0.380s. 

7. Fabio Quartararo FRA Monster Yamaha (YZR-M1) +1.450s. 

8. Pol Espargaro SPA Repsol Honda (RC213V) +1.478s. 

9.Marc Marquez SPA Repsol Honda (RC213V) +1.987s. 

10. Jorge Martin SPA Pramac Ducati (GP22) +3.205s. 

11. Aleix Espargaro SPA Aprilia Racing (RS-GP) +3.213s. 

12. Franco Morbidelli ITA Monster Yamaha (YZR-M1) +3.398s 

13. Joan Mir SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR) +3.724s. 

14. Enea Bastianini ITA Gresini Ducati (GP21) +4.656s. 

15. Marco Bezzecchi ITA Mooney VR46 Ducati (GP21)* +5.412s 

16. Raul Fernandez SPA KTM Tech3 (RC16)* +5.696s. 

17. Remy Gardner AUS KTM Tech3 (RC16)* +6.057s. 

18. Fabio Di Giannantonio ITA Gresini Ducati (GP21)* +7.894s

19 . Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V) +12.566s

BERITA TERKAIT