test

News

Senin, 31 Januari 2022 18:55 WIB

Menkes Minta Warga Waspada Lonjakan Kasus Omicron, Tapi Tak Perlu Kaget

Editor: Hadi Ismanto

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers terkait perkembangan Covid-19 terkini. (Foto: PMJ News/YouTube Sekretariat Presiden)

PMJ NEWS - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin meminta masyarakat bersiap dan waspada kasus Omicron bisa memicu lonjakan hingga tiga sampai enam kali lipat dari lonjakan varian Delta.

"Kami ingin sampaikan bapak-ibu, pertama bahwa kasus Omicron ini masih banyak ketidakpastiannya," kata Budi dalam jumpa pers, Senin (31/1/2022).

Budi menjelaskan, ketidakpastian itu dari kasus-kasus yang ada di luar negeri. Dia mengambil contoh lonjakan kasus seperti di Amerika yang saat ini mencapai 800 ribu per hari atau lebih tinggi dibandingkan ketika puncak kasus delta 250 ribu per hari.

"Jadi yang ingin kami sampaikan penularannya tinggi sekali, dan Indonesia pasti akan alami ini," jelasnya.

Lebih lanjut, Budi menilai Indonesia mungkin juga akan mengalami lonjakan dua hingga tiga kali di atas puncak delta pada periode lalu sebanyak 57 ribu. Dia pun meminta agar masyarakat tidak kaget, tapi bersiap-siap dan tetap waspada.

"Indonesia pasti akan alami ini, kita mesti siap-siap, hati-hati dan waspada, tidak perlu kaget, kalau melihat di negara-negara lain bisa 2 kali, 3 kali di atas puncak delta. Kita masih belum tahu berapa puncak yang akan terjadi di Indonesia, perkiraan kami akan terjadi di akhir Februari," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Menkes Budi juga berpesan agar masyarakat tidak berkerumun atau melakukan mobilitas. Dia kembali mengingatkan varian Omicron mudah menularkan orang lain.

"Kami minta tolong tetap waspada, tolong tetap hati-hati, kalau tak perlu sekali berkerumun atau mobilitas, yuk kita kurangi, karena nanti dampaknya akan mudah tertular dan mudah menularkan ke orang lain," tukasnya.

BERITA TERKAIT