test

Kesehatan

Rabu, 1 Desember 2021 10:20 WIB

5 Cara Mencegah Penularan Virus Varian Omicron

Editor: Hadi Ismanto

Virus baru Covid-19 yang tengah merebak, Varian Omicron. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi).

PMJ NEWS - Virus Corona varian Omicron sudah ditemukan di sejumlah negara. Varian yang pertama kali ditemukan di Afrika Selatan ini memiliki mutasi yang lebih tinggi dibandingkan varian lainnya.

Namun, ada sejumlah cara mencegah penularan varian Omicron. Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (1/12/2021), berikut lima cara menghindari penyebaran varian Omicron.

1. Vaksinasi Covid-19
Vaksin Covid-19 akan memberikan proteksi diri terhadap virus Corona. Vaksin telah terbukti aman dan efektif untuk mengurangi penularan dan gejala Covid-19.

2. Pakai Masker dengan Benar
Pastikan masker benar-benar menutup mulut dan hidung. Ganti masker setiap empat jam atau saat sudah basah. Penggunaan masker ganda juga efektif mencegah penularan.

3. Tetap di Rumah
Hindari keluar rumah jika tak ada keperluan yang mendesak. Berada di luar meningkatkan risiko penularan.

4. Tingkatkan Imun Tubuh
Perkuat daya tahan tubuh dengan menerapkan pola hidup sehat seperti makan bergizi, perbanyah buah dan sayur, vitamin, dan berolahraga teratur.

5. Periksa Kondisi Tubuh
Selalu periksa kondisi tubuh Anda dan juga keluarga setiap saat. Jika terdapat perubahan gejala seperti demam disertai dengan batuk, kelelahan, dan sebagainya segera lakukan tes Covid-19 dan periksa ke dokter.

BERITA TERKAIT