test

News

Kamis, 13 Januari 2022 12:20 WIB

BMKG: Puncak Musim Hujan di Jabodetabek Terjadi pada Januari

Editor: Ferro Maulana

Kantor Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika. (Foto: PMJ News/Ilustrasi).

PMJ NEWS -  Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan puncak musim hujan di wilayah Jabodetabek terjadi pada bulan Januari 2022 ini.

BMKG melaporkan, potensi hujan dengan intensitas sedang-lebat juga dapat disertai kilat maupun petir serta angin kencang.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto mengungkapkan, hasil analisis dinamika atmosfer, diidentifikasi adanya sirkulasi siklonik di Samudera Hindia selatan Jawa dan pola tekanan rendah di Australia bagian utara yang dapat membentuk pola pertemuan massa udara.

Selain itu, juga terjadi belokan angin di wilayah selatan Indonesia terutama di sekitar Laut Jawa bagian barat dan perairan selatan Banten dan Jawa Barat yang dapat mempengaruhi pembentukan awan hujan di wilayah Jabodetabek.

"BMKG memonitor perkembangan kondisi cuaca di seluruh wilayah Indonesia yang saat ini mengindikasikan adanya potensi peningkatan curah hujan di sebagian wilayah Indonesia,” ujar Guswanto dalam siaran persnya, Kamis (13/1/2022).

“Termasuk wilayah Jabodetabek. Sebagian besar Wilayah Jabodetabek termasuk wilayah yang diprediksikan mengalami puncak musim hujan pada periode Januari ini," tuturnya menambahkan.

Di bawah ini waktu dan wilayah Jabodetabek diprediksi diguyur hujan yang disertai angin kencang:

Pertama, 13 Januari 2022: Kepulauan Seribu, Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Kedua, 14 Januari 2022: Jakarta Utara, Bogor, dan Depok.

Ketiga, 15 Januari 2022: Bogor, Depok

Untuk diketahui, BMKG mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem pada periode tiga hari ke depan saat puncak musim hujan.

Alasannya, berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang.

BERITA TERKAIT