test

News

Rabu, 12 Januari 2022 21:01 WIB

Menko PMK: Pemerintah Komitmen Perangi dan Cegah Kejahatan Seksual Anak

Editor: Hadi Ismanto

Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy. (Foto: Dok Net).

PMJ NEWS - Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy memastikan pemerintah berkomitmen menangani kasus kejahatan seksual. Menurut dia, isu ini menjadi perhatian serius Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Pernyataan tersebut disampaikannya sesuai memimpin rapat pencegahan dan penanganan kekerasan seksual terhadap anak di Gedung Kemenko PMK, Jakarta, Rabu (12/1/2022).

"Dengan ini pemerintah menyatakan berkomitmen kuat untuk memerangi, mencegah kasus-kasus kejahatan seksual, terutama yang terjadi pada anak," jelas Muhadjir dalam konferensi.

Pada kesempatan yang sama, Muhadjir menyebut Presiden Jokowi telah meminta Kementerian terkait untuk segera melakukan langkah konkret untuk mencegah dan menangani kasus kekerasan seksual.

"Bapak Presiden memberikan pernyataan yang tegas dalam kaitannya dengan keharusan kementerian untuk segera melakukan langkah konkret di dalam upaya untuk melakukan pencegahan dan penanganan kasus kekerasan seksual terhadap anak," terangnya.

Muhadjir juga mengatakan, Presiden Jokowi meminta agar pencegahan kekerasan seksual menjadi prioritas. Pencegahan dilakukan dari reformasi manajemen penanganan kasus hingga layanan rehabilitasi mental dan sosial.

"Pemerintah telah menetapkan berbagai peraturan perundang-undangan yang kita anggap cukup, termasuk turunannya, yang semuanya memiliki fungsi untuk melindungi anak dari kejahatan, termasuk kejahatan seksual maupun kekerasan yang lain," tukasnya.

BERITA TERKAIT