test

Hukrim

Rabu, 2 September 2020 13:33 WIB

Hebat! Musnahkan 299,99 Kg Sabu, Polisi Selamatkan 2.999.920 Nyawa

Editor: Ferro Maulana

Polda Kalsel gelar pemusnahan sabu sebanyak 299,992 kilogram. (Foto: PMJ News/ Humas Polda Kalsel).

PMJ - Polda Kalimantan Selatan menggelar pemusnahan barang bukti narkoba jenis sabu sebanyak 299,992 kilogram (300 kg kurang, red), yang didapatkan dari penangkapan jaringan internasional Malaysia-Indonesia. Hebatnya, dari pemusnahan tersebut polisi berhasil menyelamatkan 2.999.920 nyawa manusia.

Kapolda Kalsel Irjen Pol Nico Afinta menjelaskan, pemusnahan barang haram itu merupakan salah satu wujud nyata perang terhadap narkoba. Hal itu mengingat, narkoba merupakan salah satu kejahatan lintas batas negara yang saat ini mendapatkan atensi cukup besar dari Presiden RI Joko Widodo dan Kapolri Jenderal Pol Idham Azis.

Polda Kalsel gelar pemusnahan sabu sebanyak 299,992 kilogram. (Foto: PMJ News/ Humas Polda Kalsel).

"Perang menghadapi narkoba menjadi atensi Presiden dan Kapolri, sehingga kami harus siap menghadapi para pelaku lejahatan narkoba yang menggunakan modus operasi tinggi, teknologi yang canggih dan didukung oleh jaringan organisasi yang luas," tutur Nico dalam pernyataannya, Jakarta, Rabu (2/9/2020).

Dirinya menyatakan peredaran narkoba telah banyak menimbulkan korban dari berbagai kalangan. Karena itu penanganan penyalahgunaan serta peredaran gelap narkoba tentu bukan perkara yang mudah. Namun hal itu harus menjadi pemacu bagi jajarannya untuk lebih meningkatkan upaya pencegahan pemberantasan tindak pidana narkoba.

Polda Kalsel gelar pemusnahan sabu sebanyak 299,992 kilogram. (Foto: PMJ News/ Humas Polda Kalsel).

"Melalui pemusanahan barang bukti hasil pengungkapan kasus narkoba jaringan internasional ini ( Malaysia - Kaltara - Kaltim – Kalsel, red) ini, paling tidak Ditresnarkoba Polda Kalsel bisa menyelamatkan 2.999.920 jiwa dari bahaya narkoba," tutur Nico.

Penghargaan untuk Polisi

Sementara itu, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor mengungkapkan pemerintah daerah (pemda) sangat mengapresiasi dan memberikan penghargaan atas kinerja Polda dalam upaya memberantas dan memerangi narkoba.

Apresiasi dan penghargaan Gubernur untuk Polda Kalsel. (Foto: PMJ News/ Humas Polda Kalsel)

"Pemda memberikan penghargaan atas kinerja Polda dan semua pihak yang ikut mendukung perang terhadap narkoba ini. Penghargaan ini kiranya dapat menjadi motivasi kita semua," ujar Gubernur yang hadir dalam acara pemusnahan barang bukti narkoba, Rabu (2/9/2020).

Sahbirin melanjutkan, pemusnahan 299,992 kilogram sabu ini dapat menyelamatkan ratusan ribu warga dari jerat narkoba. Maka, Sahbirin mengajak seluruh stakeholder terkait, baik legislatif, pemda, ormas/lsm, tokoh agama, tokoh masyarakat, media serta seluruh masyarakat memberikan dukungan dan support dalam memberantas peredaran narkotika di Kalsel.

Barang bukti narkoba yang diamankan polisi. (Foto: PMJ News/ Humas Polda Kalsel)

Sebanyak 299,992 kilogram narkoba jenis sabu hasil pengungkapan kasus yang melibatkan jaringan internasional (Malaysia-Kaltara-Kaltim-Kalsel) dimusnahkan. Kegiatan pemusnahan dilaksanakan di Lapangan Satpas Ditlantas Polda Kalsel km 21 Kota Banjarbaru.

Para tersangka dihadirkan dalam pemusnahan narkoba. (Foto: PMJ News/ Humas Polda Kalsel).

Pemusnahan barang bukti ini dipimpin Kapolda Kalsel Irjen Nico Afinta didampingi Direktur Resnarkoba Polda Kalsel Kombes Iwan Eka Putra. Selain gubernur kegiatan ini juga dihadiri Forkopimda dan instansi terkait lainnya termasuk empat tersangka berinisial S, AY, R dan A.(Fer)

BERITA TERKAIT