test

Kesehatan

Jumat, 31 Desember 2021 10:35 WIB

Waspada, Lima Tempat Ini Bisa Jadi Lokasi Penularan Covid-19

Editor: Hadi Ismanto

Virus baru Covid-19 yang tengah merebak, Varian Omicron. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi).

PMJ NEWS - Dalam beberapa pekan terakhir penularan Covid-19 kembali meningkat, teritama varian Omicron. Dalam kondisi seperti ini masyarakat harus lebih waspada saat menyambangi tempat-tempat yang bisa memicu penularan.

Dr Sanjay Gupta menyebut ada lima tempat umum yang patut diwaspadai. Alasannya, penularan Covid-19 sering kali terjadi di kelima tempat tersebut.

Seperti dilansir dari laman Eat This, Jumat (31/12/2021), berikut lima tempat yang sebaiknya dihindari untuk mencegah penyebaran Covid-19.

1. Hotel
Menginap di hotel menjadi salah satu kegiatan yang cukup umum dilakukan pada libur tahun baru. Hanya, hotel dinilai memiliki risiko lebih tinggi sebagai tempat terjadinya penularan Covid-19, khususnya di area umum di mana para tamu berkumpul.

Jadi berdiam diri di rumah masih menjadi cara terbaik untuk melindungi diri dari penularan Covid-19 menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC).

2. Bar
Saat merayakan pergantian tahun, bar merupakan salah satu destinasi populer yang dikunjungi banyak orang. Namun, di tempat ini biasanya penggunaan masker dan jaga jarak fisik terabaikan. Hal ini membuat risiko penularan Covid-19 menjadi lebih tinggi.

3. Kafe
Berdasarkan model pemetaan terbaru yang memanfaatkan data ponsel, kafe diketahui sebagai slaah satu lokasi yang paling sering memicu penularan Covid-19 di Amerika Serikat. Peningkatan risiko semakin signifikan bila kafe beroperasi dengan kapasitas penuh.

4. Restoran
Sama seperti kafe, restoran juga menjadi tempat berisiko tinggi untuk terjadinya penularan. Pengunjung tentu akan membuka masker ketika bersantap dan sering kali tetap membiarkan area wajah tak ditutupi masker saat mengobrol sambil bersantap.

Dr Anthony Fauci lebih merekomendasikan untuk membawa pulang makanan dan mengonsumsinya di rumah atau memesan makanan dari restoran melalui jasa antar makanan.

5. Rumah Ibadah
Bagi banyak pemeluk agama, rumah ibadah merupakan tempat yang rutin untuk dikunjungi. Tentu tak masalah bila tetap ingin berkunjung ke rumah ibadah pada masa pandemi selama tak ada restriksi yang sedang diberlakukan.

Namun, perlu diketahui pula bahwa rumah ibadah merupakan salah satu hotspot penularan Covid-19. Oleh karena itu, para pemeluk agama diharapkan lebih tertib dalam menjalani protokol kesehatan selama di rumah ibadah.

BERITA TERKAIT