test

News

Senin, 6 Desember 2021 09:42 WIB

Erupsi Gunung Semeru, Jokowi Minta Keselamatan Korban Prioritas Utama

Editor: Fitriawan Ginting

Penulis: Yeni Lestari

Sejumlah rumah terdampak abu vulkanik erupps Gunung Semeru. (PMJ News/Instagram @socialdisaster.rescue).

PMJ NEWS - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy menerangkan fokus utama penanganan tanggap darurat erupsi Gunung Semeru yakni keselamatan korban.

Termasuk dengan para korban yang mengalami luka, harus segera mendapatkan perawatan yang maksimal. Hal ini sesuai dengan arahan dari Presiden Joko Widodo.

"Sesuai dengan arahan Bapak Presiden, maka yang harus menjadi prioritas adalah keselamatan para korban, khususnya mereka yang cedera atau sakit itu harus mendapatkan perawatan maksimal," kata Muhadjir Effendy saat mengunjungi korban di RSUD Pasirian, Lumajang, Senin (6/12/2021).

Dalam kunjungannya tersebut, Muhadjir ingin memastikan seluruh korban atau pasien akibat erupsi Gunung Semeru mendapatkan penanganan yang baik di rumah sakit tersebut.

Setidaknya terdapat 16 korban dengan luka bakar yang dirawat secara intensif di RSUD Pasirian, Kabupaten Lumajang tersebut. Enam diantaranya mengalami luka bakar hingga 80% akibat awan panas guguran Gunung Semeru.

Pemerintah Pusat melalui BNPB dan lintas Kementerian/Lembaga terkait akan mendukung penuh Pemerintah Kabupaten Lumajang dalam proses  penanganan korban luka bakar.

Sejumlah tim medis khusus dari Jakarta beserta obat-obatan dan peralatan yang dibutuhkan dalam proses pengobatan, perawatan hingga penyembuhan pun dikerahkan.

BERITA TERKAIT