test

News

Selasa, 26 Januari 2021 13:05 WIB

Jokowi Resmikan Tol Lampung-Palembang, Jarak Tempuh Hanya 3 Jam Saja

Editor: Fitriawan Ginting

Penulis: Fajar Mardiansyah

Presiden RI Joko Widodo saat meresmikan Tol Lampung-Palembang. (Foto ; PMJ/YouTube Setpres).

PMJ NEWS - Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Kayu Agun – Palembang sepanjang 42,5 Kilometer. Jokowi mengatakan pembangunan tol yang baru diresmikan itu untuk pemerataan pembangunan.

"Jalan tol ini adalah poros terpenting dari jalan Tol Trans Sumatera. Poros utama backbone Sumatera bagian selatan, ruas terakhir yang menghubungkan pelabuhan Bakauheni, bisa tembus sampai ke Palembang,” kata Jokowi dalam video peresmian yang ditayangkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (26/1/2021).

Jokowi saat meresmikan Tol Lampung-Palembang. (Foto ; PMJ/YouTube Setpres).
Jokowi saat meresmikan Tol Lampung-Palembang. (Foto ; PMJ/YouTube Setpres).

Tol tersebut berjarak tempuh dari Bakauheni ke Palembang yang dengan 373 KM. Biasanya melalui jalan umum ditempuh dengan waktu 12 jam, kini hanya dibutuhkan 3 hingga 3,5 jam untuk perjalanan dari Bakauheni ke Palembang. Menurut Jokowi, tol tersebut akan menjadi sebuah lompatan besar karena bisa memotong waktu tempuh perjalanan hingga 5 jam.

"Ini akan menjadi sebuah lompatan besar karena menghemat waktu, waktu tempuh hingga 75% dan efisiensi ini jelas akan memberikan kontribusi pada penurunan biaya logistik dan akan memberikan competitiveness, daya saing yang besar bagi Palembang dan juga Lampung," ucap Jokowi.

Jokowi diskusi terkait tol. (Foto ; PMJ/YouTube Setpres).
Jokowi diskusi terkait tol. (Foto: PMJ/YouTube Setpres).

Jokowi juga menuturkan mengenai dampak perekonomian dari pembangunan Tol Kayu Agung Palembang. Dia juga berharap ada pusat-pusat perekonomian di Sumatera, khususnya di Sumatera Selatan.

"Oleh sebab itu saya titip pada gubernur, bupati, wali kota agar jalan tol ini disambungkan pada sentra-sentra ekonomi, sentra-sentra pariwisata. Kawasan industri, sentra pertanian, sentra-sentra perkebunan sambungkan, berikan akses penghubung ke sana. Manfaat ekonominya akan bisa maksimal dan ini adalah tugas pemerintah provinsi, tugas pemerintah daerah, dan di sepanjang koridor jalan ini masih banyak lahan yang dapat dikembangkan sebagai kawasan yang produktif," ujarnya.

Suasana jalan tol yang diresmikan Jokowi. (Foto : PMJ/YouTube Setpres).
Suasana jalan tol yang diresmikan Jokowi. (Foto : PMJ/YouTube Setpres).

"Ada potensi tadi sudah saya sampaikan ada potensi besar yang dikembangkan pertanian, perkebunan, pariwisata, pertambangan yang ini akan meningkatkan nilai ekonomi dari produk yang dihasilkan," sambung Jokowi.

BERITA TERKAIT