test

Olahraga

Selasa, 30 November 2021 08:05 WIB

Lionel Messi Raih Ballon d’Or 2021, Ini Catatan Terbaiknya

Editor: Ferro Maulana

Lionel Messi Raih Ballon d’Or 2021. (Foto: Dok Net)

PMJ NEWS -  Penghargaan Ballon d’Or 2021 sudah resmi diserahkan kepada Lionel Messi. Tak banyak pro kontra soal kemenangan Messi ini. 

Karena biar bagaimana pun, statistik membuktikan penyerang Paris Saint-Germain tersebut memang layak memenangi Bola Emas ketujuhnya tersebut. 

Lionel Messi dinobatkan sebagai pemenang Ballon d’Or 2021 dalam seremoni yang digelar Chatelet Theatre, Paris, Prancis Selasa (30/11/2021) dinihari WIB. 

Messi sukses meraih voting terbanyak di dalam daftar peringkat Ballon d’Or 2021 mengalahkan bomber Bayern Munich, Robert Lewandowski yang berada di posisi kedua dan Jorginho di peringkat ketiga.

Menurut majalah France Football, pada dasarnya Ballon d’Or diperuntukkan bagi pemain yang menonjol secara individual dalam satu musim kalender, dan pencapaian sepanjang karier sepakbolanya. 

Merujuk terhadap tolok ukur tersebut, maka tidak ada alasan untuk Messi tidak memenangkan Ballon d’Or 2021.

Musim 2020/2021 kemarin memang tidak bisa dipungkiri Messi menjalani periode yang tidak begitu oke. Bersama Barcelona, Messi hanya memenangi Copa del Rey. 

Sedangkan, rivalnya Robert Lewandowski memenangkan gelar Bundesliga Jerman, Piala Super Jerman, Piala Dunia AntarKlub dan Piala Super Eropa.

Adapun Jorginho mampu memenangkan gelar Liga Champions bersama Chelsea dan trofi Piala Eropa 2020 dengan timnas Italia. 

Namun, ketajaman dan rekor yang dipecahkan Messi di benua biru tidak terbantahkan sepanjang satu musim kalender kemarin.

Berdasarkan statistik yang dirangkum Opta, pesepakbola 34 tahun itu terhitung mampu mengoleksi 48 gol di di level klub maupun timnas Argentina. 

Messi terbanyak di antara semua pemain yang ada di lima liga top Eropa, bersanding dengan Robert Lewandowski.

Meski begitu, Messi merupakan pemain yang paling banyak terlibat dalam proses terciptanya gol di satu klub dibandingkan semua pemain di lima liga top Eropa. 

Total, La Pulga mampu mengkreasikan hingga 18 assist untuk gol-gol Barcelona.

Messi juga mengukir sebuah rekor baru dengan menjadi pemain Amerika Selatan pertama yang mampu menembus 80 gol di level internasional. 

Messi juga memecahkan rekor El Pichichi atau top skor Liga Spanyol terbanyak sepanjang sejarah dengan delapan kali usai mencetak 30 gol di musim 2020/2021 kemarin.

Hebatnya lagi, lima dari delapan gelar El Pichichi tersebut dimenangkan Messi secara beruntun dan menjadi satu-satunya pemain yang mampu melakukan hal itu sepanjang sejarah sepakbola Spanyol.

Messi juga jadi satu-satunya pemain di lima liga top Eropa yang bisa raih gelar topscorer sebanyak 8 kali di level domestik mengalahkan Legenda Bayern Munich, Gerd Mueller yang jadi top skor Bundesliga sebanyak tujuh kali.

Yang paling fenomenal adalah ketika Messi akhirnya mampu memberi titel untuk negaranya, Argentina usai menjuarai Copa America 2021. 

Tak main-main, Messi begitu menggila di ajang ter-akbar sepakbola Amerika Selatan dengan merebut gelar top skor dengan 4 gol, pemberi assist terbanyak dengan 5 assist.

Messi juga menjadi pemain dengan jumlah dribel tersukses sepanjang Copa America 2021 dengan 34 dribel sukses plus pemain dengan raihan man of the match terbanyak dalam satu kompetisi, yakni lima kali.

Dengan semua dukungan data diatas, Messi selayaknya memang pantas dinobatkan sebagai pemenang Ballon d’Or 2021, sebagai bola emas ketujuh-nya. 

Ia pun tercatat dalam sejarah sebagai peraih trofi Ballon d’Or terbanyak, melewati capaian sang rival utama, Ronaldo yang baru punya koleksi lima Ballon d’Or. 

BERITA TERKAIT