test

News

Jumat, 26 November 2021 09:07 WIB

Pemerintah Siagakan 1.200 Rumah Sakit Antisipasi Gelombang Ketiga Covid-19

Editor: Hadi Ismanto

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi. (Foto: PMJ News/Dok Net).

PMJ NEWS - Pemerintah menyiagakan sebanyak 1.200 rumah sakit rujukan untuk mengantisipasi kemungkinan munculnya gelombang ketiga Covid-19 pasca libur Natal dan Tahun Baru.

"Penyiapan rumah sakit rujukan itu merupakan salah satu strategi pemerintah menghadapi ancaman gelombang ketiga Covid-19," ujar Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi di Jakarta, Kamis (25/11/2021).

"Selain itu, ketersediaan oksigen juga terus dilengkapi. (Langkah ini) belajar dari situasi yang lalu tentunya," sambungnya.

Nadia mengatakan, keterbatasan pasokan oksigen medis untuk mendukung penanganan pasien sempat menjadi masalah saat gelombang kedua Covid-19 pada Juli 2021.

Karena itu,Nadia menjelaskan pemerintah akan mengalihkan penggunaan 30 sampai 40 persen tempat tidur pasien di rumah sakit untuk menangani pasien Covid-19. Selain itu, suplai oksigen dan alat kesehatan juga disiapkan.

Untuk mendukung penanganan pasien Covid-19, lanjut Nadia, pemerintah juga menyiapkan puskesmas. Tenaga kesehatan (nakes) cadangan pun ikut disiapkan untuk menghadapi kemungkinan terjadi lonjakan pasien di fasilitas-fasilitas kesehatan.

"Nakes saat ini cukup. Kita sudah punya daftar nakes kalau memang diperlukan tambahan. Kita mengerahkan tenaga kesehatan cadangan berikut pengetatan syarat masuk rumah sakit dan pemanfaatan isolasi terpusat," tuturnya.

Upaya-upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19 sampai sekarang masih dijalankan, termasuk penegakan protokol kesehatan, pelacakan, pemeriksaan, dan penanganan kasus infeksi virus corona, dan vaksinasi.

BERITA TERKAIT