test

News

Jumat, 12 November 2021 15:05 WIB

APDI: Drone Jangan Terbang di WSBK Mandalika, Pelanggaran Dapat Sanksi

Editor: Etty Kadriwaty

Penulis: Yeni Lestari

Presiden Jokowi akan meresmikan Sirkuit Mandalika di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. (Foto: PMJ News/Facebook).

PMJ NEWS - Pagelaran World Superbike Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat dimulai hari ini, Jumat (12/11/2021).

Asosiasi Pilot Drone Indonesia (APDI) meminta seluruh anggotanya untuk mematuhi etika penerbangan pesawat tanpa awak selama pagelaran tersebut berlangsung.

Pengetahuan tentang etika dan aturan terbaru dari Kementerian Perhubungan dibagikan asosiasi lewat sosialisasi yang melibatkan 500 anggotanya dari seluruh Indonesia.

"Kegiatan itu diikuti oleh pilot drone baik dari instansi atau sipil. Ini untuk sosialisasi aturan terbaru dalam penerbangan drone," kata Ketua APDI Akbar Marwan di Jakarta, Kamis (11/12/2021).

Akbar mengatakan, tempat atau lokasi dalam penerbangan drone tidak boleh sembarangan. Di antaranya adalah menjalin komunikasi dan memiliki izin sebelum drone diterbangkan.

Menurut Akbar, pelanggaran bisa mengundang sanksi pidana. Maka dari itu, komunikasi dan izin menjadi penting dalam hal keinginan menerbangkan drone mengikuti kegiatan WSBK Mandalika.

Akbar mengungkapkan, hak siar penuh yang telah digenggam pihak tertentu, dalam hal ini Dorna Sport.

"Artinya jangan terbangkan drone ketika balapan dimulai, karena bisa menimbulkan hal yang tidak diinginkan,” katanya sambil menambahkan, “Jangan hanya mengejar konten karena tidak semua yang direkam itu bisa dijadikan konten."

Akbar mencontohkan ketika balapan dimulai dan ada yang menerbangkan drone, dipastikannya akan ada penindakan oleh petugas keamanan yang telah disiagakan.

Untuk menghindari insiden yang tidak diinginkan itulah APDI telah melakukan sosialisasi tentang aturan dan etika dalam penerbangan pesawat drone.

Ia mengimbau kepada semua pengguna drone di Indonesia maupun yang ada di NTB untuk bisa menjaga keamanan dan mendukung ajang balap World Superbike dan MotoGP yang berlangsung di Pertamina Mandalika Street Circuit.

Rincian kegiatan di Mandalika antara lain, balap Asia Talent Cup pada 12-14 November, selanjutnya balap motor World Superbike 19-21 November dan MotoGP pada Maret 2022.

BERITA TERKAIT