test

News

Selasa, 11 Agustus 2020 18:26 WIB

Dilengkapi Senjata, Ini Pesawat Drone Buatan Indonesia Mampu Terbang 24 Jam

Editor: Ferro Maulana

Pesawat nirawak Puna MALE Elang Hija. (Foto: PMJ/ Dok Net)

PMJ - Pemerintah RI terus membuat terobosan (inovasi) buatan karya anak bangsa. Salah satu yang saat ini dikembangkan yaitu dalam hal kemandirian pertahanan teknologi nasional.

Untuk diketahui, pemerintah tengah merakit pesawat nirawak Puna jenis Medium Altitude Long Endurance (MALE) Elang Hitam, yang memiliki kemampuan terbang selama 24 jam.

Puna MALE merupakan hasil konsorsium antara Kementerian Riset dan Teknologi/BRIN (Kemenristek/BRIN) dan Kementerian Pertahanan (Kemhan), yang dipimpin Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

“Puna MALE dilengkapi dengan senjata, dan telah menerima sertifikasi tipe dari Indonesia Military Airworthiness Authority,” ujar Menristek/ Kepala BRIN, Bambang Brodjonegoro, baru-baru ini.

Lebih jauh, menurut Bambang, hasil pengembangan Puna MALE siap diproduksi oleh PT Dirgantara Indonesia, dan ditargetkan akan mulai terbang atau first flight pada Januari 2021 mendatang.

Sementara untuk mendukung program tol laut, kementerian juga mengembangkan pesawat angkut berjenis amfibi N219A dengan teknologi komposit.

“Program ini telah memasuki tahapan desain float yang sesuai dengan aircraft N219,” sambung Bambang.

Pesawat ini nantinya bakal digunakan untuk berbagai keperluan. Misalnya, pesawat penumpang, cargo, carter industri lepas pantai untuk keperluan search and rescue dan bencana, hingga pelayanan kesehatan dalam bentuk ambulans udara.

BERITA TERKAIT