test

News

Senin, 1 November 2021 15:20 WIB

Menkes: Stok Vaksin yang Tersedia 47 Juta Dosis, Cukup Satu Bulan ke Depan

Editor: Ferro Maulana

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. (Foto: YouTube Kemenkes).

PMJ NEWS -  Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan, stok vaksin yang tersedia saat ini sekitar 47 juta dosis. Menurutnya, jumlah itu cukup untuk penyuntikan vaksin selama satu bulan.

"47 Juta dosis yang ada di stok provinsi, kabupaten, kota, relatif cukup dengan suntikan satu bulan ke depan," terang Budi dalam keterangannya secara virtual melalui channel YouTube Sekretariat Presiden, Senin (1/11/2021).

Lebih jauh Menkes menerangkan, kalkulasi satu bulan karena dalam lima pekan rata-rata penyuntikan dosis vaksin di berbagai daerah sebanyak 50 juta dosis.

Jadi total vaksin yang sudah diterima pemerintah Republik Indonesia mencapai 252 juta dosis. Dan, telah terdistribusi ke seluruh wilayah Indonesia sebanyak 241 juta dosis.

Maka dari jumlah dosis yang sudah terdistribusi ke daerah, 194 juta dosis sudah terpakai.

Di kesempatan yang sama, Budi pun berharap, percepatan vaksinasi di Tanah Air, khususnya vaksin lengkap yaitu dosis pertama dan kedua mencapai lebih dari 40 persen sebagaimana panduan dari Badan Kesehatan Dunia (WHO).

"Di meeting WHO sudah diharapkan seluruh negara sampai akhir tahun 2021 ini sebaiknya sudah bisa mencapai 40 persen dosis kedua,” tuturnya.

“Jadi perhitungan kami se-Indonesia Insya Allah bisa 60 persen jadi bisa melampaui target yang diberikan oleh para teman-teman di WHO," harap Menkes menutup pembicaraan.

BERITA TERKAIT