test

News

Sabtu, 30 Oktober 2021 09:18 WIB

Tiba di Roma, Jokowi Siap Hadiri Forum Ekonomi dan Kesehatan Global

Editor: Ferro Maulana

Presiden Jokowi tiba di Kota Roma Italia. (Foto: Instagram Jokowi).

PMJ NEWS -  Presiden RI Joko Widodo sudah tiba di kota Roma, Italia pada Jumat (29/10/2021) sore, sekitar pukul 17.25 waktu setempat. 

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menjelaskan jadwal padat langsung menanti Jokowi pada Sabtu (30/10/2021). 

Menlu memaparkan, hari ini Jokowi diagendakan menghadiri sesi ekonomi dan kesehatan global dalam KTT G20 di Roma, Italia dan dilanjutkan dengan sejumlah pertemuan bilateral.

"Presiden akan melakukan kegiatan yang sangat padat. Antara lain menghadiri sesi mengenai ekonomi global dan kesehatan global," terang Retno di kota Roma, dalam siaran persnya, Sabtu (30/10/2021). 

Di samping itu, Menlu melanjutkan, Jokowi juga akan menghadiri kegiatan tambahan mengenai dukungan usaha kecil dan menengah dan bisnis milik perempuan dan secara khusus diminta untuk menjadi pembicara.

"Presiden juga akan menghadiri acara budaya dan jamuan makan malam yang akan dituanrumahi perdana menteri Italia," tutur Retno.

Tak berhenti di situ, pada Sabtu ini Jokowi juga akan melakukan pertemuan bilateral. Sedikitnya, enam pemimpin seperti, dari Australia, Perancis, India, Turki, Italia, dan Bank Dunia.

Masih dari keterangan Menlu Retno untuk sejumlah agenda bilateral dengan sejumlah negara masih sangat dinamis dan agenda bisa berubah sewaktu-waktu menyesuaikan jadwal Presiden Jokowi dan para pemimpin.

"Kemungkinan masih akan terjadi beberapa perubahan di pertemuan bilateral karena masih ada beberapa permintaan," ucapnya. 

"Dan kita sekarang sedang terus mencoba untuk mencocokkan jadwal, baik jadwal Bapak Presiden maupun jadwal pemimpin lainnya," tuturnya. 

Sedangkan, pada level menteri, Menlu Retno mengatakan pada Jumat lalu telah melakukan tiga pertemuan bilateral dengan Menlu Meksiko, Menlu India dan Menlu China. 

BERITA TERKAIT