test

News

Jumat, 29 Oktober 2021 11:20 WIB

Bakal Terima Presidensi, Presiden Jokowi Menuju Roma Hadiri KTT G20

Editor: Ferro Maulana

Presiden Jokowi menuju kota Roma Italia. (Foto: Instagram Jokowi).

PMJ NEWS - Presiden RI Joko Widodo bertolak menuju Kota Roma, Italia, hari ini Jumat (29/10/2021), untuk menghadiri konferensi tingkat tinggi (KTT) G20. Dalam KTT tersebut, Jokowi bakal menerima presidensi G20 dari Italia.

"Di akhir KTT, Indonesia akan menerima keketuaan presidensi G20 dari Italia. Keketuaan Indonesia tersebut dimulai 1 Desember 2021 hingga 30 November 2022," terang Jokowi, jelang keberangkatannya di Bandara Soekarno-Hatta.

Kepala Negara mengatakan, presidensi ini adalah kehormatan serta tanggung jawab besar bagi Indonesia yang harus dilakukan dengan baik.

Sementara itu, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menerangkan, usai penyerahan presidensi, Indonesia bakal menjadi tuan rumah bagi kegiatan-kegiatan G20 selama satu tahun ke depan.

Menurut Airlangga, Indonesia akan mengusung tema ‘Recover Together, Recover Stronger’ selama presidensi G20.

Adapun tema tersebut digagas untuk mendorong pemulihan ekonomi global selama pandemi Covid-19.

Kemudian, Jokowi juga menghadiri rangkaian KTT G20. Selain hadir dalam konferensi utama, Jokowi juga diminta berbicara di acara sampingan soal UMKM dan peran perempuan.

"Undangan ini menunjukkan pengakuan dunia terhadap kebijakan dan keberpihakan kita kepada UMKM. Dan, peran perempuan dalam bisnis UMKM," tutupnya. 

BERITA TERKAIT