test

News

Sabtu, 22 Mei 2021 13:04 WIB

Jokowi: Indonesia Siap Jadi Hub Produsen Vaksin di Asia Tenggara

Editor: Hadi Ismanto

Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memberikan keterangan. (Foto: PMJ News/YouTube Setpres).

PMJ NEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan kesiapan Indonesia untuk menjadi hub-produksi vaksin Covid-19 di kawasan Asia Tenggara. Mengingat, Indonesia memiliki PT Bio Farma dengan kemampuan produksi vaksin hingga 25 juta dosis per bulan.

"Sebagai produsen vaksin terbesar di Asia Tenggara, Indonesia siap untuk menjadi hub bagi peningkatan produksi vaksin di kawasan," jelas Presiden Jokowi dalam forum Global Health Summit G20, Jumat (21/5/2021) petang.

Dalam forum tersebut, presiden mendorong peningkatan produksi vaksin Covid-19 demi terwujudnya distribusi vaksin yang adil dan merata di seluruh dunia.

Menurut Jokowi, masih ada ketimpangan distribusi vaksin yang nyata saat ini. Dimana hanya 0,3 persen suplai vaksin untuk negara berpenghasilan rendah.

"Kesenjangan itu sangat nyata ketika 83 persen dosis vaksin global sudah diterima negara kaya. Sementara, negara-negara berkembang hanya terima 17 persen untuk 47 persen populasi dunia," tuturnya.

Satu-satunya solusi bagi masalah tersebut, kata Jokowi, harus ada peningkatan kapasitas produksi vaksin Covid-19. Caranya bisa melalui investasi oleh negara-negara yang memiliki teknologi di negara lain yang belum memilikinya.

"Jika isu kapasitas produksi dan distribusi vaksin tidak segera ditangani, saya khawatir akan semakin lama kita dapat menyelesaikan pandemi ini," tukasnya.

BERITA TERKAIT