test

Politik

Rabu, 13 Oktober 2021 12:05 WIB

Presiden Jokowi Siap Lantik Megawati Sebagai Dewan Pengarah BRIN

Editor: Ferro Maulana

Jokowi bersama mantan Presiden Megawati Sukarnoputri. (Foto: PMJ News/Dok Net).

PMJ NEWS -  Presiden Joko Widodo siap melantik Megawati Soekarnoputri sebagai Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) pada Rabu (13/10/2021) sore.

 Megawati bakal dilantik bersama jajaran Dewan Pengarah lainnya, yang datang dari berbagai background (latar belakang).

Hal tersebut dijelaskan oleh Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono ketika dikonfirmasi terkait kabar pelantikan hari ini di Istana Negara, Jakarta.

“Ya benar,” ucap Heru menegaskan kepada awak media, Rabu (13/10/2021).

Menurut Heru, Megawati sebagai Ketua Dewan Pengarah BRIN secara ex-officio karena jabatannya Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Ketentuan tersebut melekat dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 78 Tahun 2021.

Dalam bunyi Perpres tersebut, masa tugas Dewan Pengarah, dan Kepala dan Wakil Kepala hanya lima tahun atau satu periode dan dapat diangkat kembali hanya untuk 1 periode berikutnya.

Untuk diketahui, Megawati telah memberikan pesan kepada Presiden Jokowi agar BRIN ini lebih mempercayakan peneliti-peneliti Indonesia dan tidak langsung diberikan ke pihak asing.

Hal itu dikatakan Megawati ketika menjadi pembicara dalam Pembukaan Rakornas Kemenristek/ BRIN tahun 2020, di kawasan Puspitek, Serpong Tangerang Selatan Banten, Kamis 30 Januari 2020.

BERITA TERKAIT