test

News

Rabu, 6 Oktober 2021 14:50 WIB

Mantap, Jokowi Akan Jadikan Papua Sebagai Provinsi Olahraga Nasional

Editor: Fitriawan Ginting

Penulis: Yeni Lestari

Presiden Jokowi menghadiri pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua di Stadion Lukas Enembe, Jayapura. (Foto: PMJ News/Polri TV).

PMJ NEWS - Presiden Joko Widodo akan menjadikan Papua sebagai Provinsi Olahraga Nasional. Keputusan tersebut dilakukan dengan melihat kesuksesan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy menyebut kesuksesan PON XX Papua salah satunya dilihat dari banyaknya apresiasi dari dunia internasional.

"Bapak Presiden insya Allah akan merestui untuk Provinsi Papua dijadikan Provinsi Olahraga Nasional. Salah satu titik sentral dan akan menjadi pusat perhatian itu ada di Kabupaten Mimika," kata Muhadjir dalam keterangannya, Rabu (6/10/2021).

"Pada saat event pembukaan kemarin, bukan hanya apresiasi dari Pak Presiden yang kita dapat tapi dari dunia internasional juga memberikan apresiasi yang sangat luas biasa," imbuhnya.

Muhadjir lantas menyampaikan tujuan digelarnya PON XX di Papua salah satunya untuk menunjukkan persatuan dan kesatuan rakyat dan Papua yang merupakan bagian Indonesia.

"Ini sebagai upaya pemerintah untuk meyakinkan dunia bahwa tanah Papua menjadi bagian yang tak terpisah dari NKRI," jelas Muhadjir.

Maka dari itu, apapun yang menjadi rencana pemerintah kedepan, ia berharap agar venue-venue yang dibangun dapat terus dimanfaatkan meski PON telah selesai. Dengan begitu, diharapkan banyak anak muda Papua yang menjadi atlet unggul dan berpotensi.

"Yang penting bagaimana nanti fasilitas ini dapat dimanfaatkan betul pasca PON. Sehingga anak muda Papua memiliki bakar dan potensi yang dapat tersalurkan dengan baik," pungkasnya.

BERITA TERKAIT