test

News

Selasa, 5 Oktober 2021 09:07 WIB

Menkes Sebut Empat Poin yang Jadi Perhatian Menuju Endemi Covid-19

Editor: Hadi Ismanto

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin saat memberikan keterangan. (Foto: PMJ News/Instagram).

PMJ NEWS - Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin menyebut ada empat hal yang harus diperhatikan untuk mengawal proses Indonesia menuju endemi Covid-19. Langkah ini butuh kerjasama semua pihak.

"Pertama adalah implementasi protokol kesehatan atau 3M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak) yang disiplin," ungkap Menkes Budi dalam konferensi pers virtual, Senin (4/10/2021).

Kedua, kata Budi, implementasi dari surveilans testing, tracing, dan treatment(3T) yang disiplin. Ketiga, implementasi vaksinasi yang cepat dan menyeluruh. Terakhir adalah persiapan di rumah sakit.

Lebih lanjut Menkes Budi mengatakan, dari sisi protokol kesehatan salah satu yang difokuskan adalah pengawalan pendidikan dengan pembelajaran tatap muka (PTM).

"Karena kami juga percaya bahwa seluruh murid-murid Indonesia harus belajar secepat mungkin agar kita tidak kehilangan kesempatan untuk mereka meningkatkan pengetahuan mereka langsung dengan guru-guru mereka," tuturnya.

Menurut Budi, kegiatan PTM itu dikawal dengan metode surveilans. Dari sisi surveilans, pemerintah juga terus memonitor adanya varian-varian yang baru, baik itu varian Mu maupun Lambda, termasuk juga varian-varian mutasi lainnya seperti Delta.

"Dan memang sudah terjadi beberapa mutasi dari Delta di seluruh dunia dan kita monitor secara ketat untuk memastikan kita siap dan tidak terlambat kalau ada masuknya mutasi-mutasi baru ini ke Indonesia," tukasnya.

BERITA TERKAIT