test

Regional

Senin, 4 Oktober 2021 14:50 WIB

Banjir dan Tanah Longsor di Luwu Sulsel, Ratusan Warga Mengungsi

Editor: Ferro Maulana

Banjir di Kabupaten Luwu. (Foto: Dok Net/ Istimewa)

PMJ NEWS - Bencana Banjir bandang dan tanah longsor terjadi di Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, Minggu (3/10/2021) sore pukul 16.30 WITA.

Kejadian tersebut menyebabkan empat orang hilang. Tetapi, satu di antaranya sudah ditemukan dalam keadaan selamat.

"Satu korban telah ditemukan dalam kondisi selamat dan tiga lainnya masih dalam pencarian," ungkap Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, Senin (4/10/2021).

Masih dari keterangan Abdul, BPBD Kabupaten Luwu juga melaporkan dampak dari musibah alam tersebut sekitar 27 jiwa mengungsi di Kecamatan Walerang Utara.

Selanjutnya, 100 jiwa mengungsi di masjid yang berada di Kecamatan Walenrang Timur. Di samping itu terdapat, sebanyak 12.000 jiwa terisolir di Kecamatan Walenrang Barat.

"Sementara ada 20 orang yang sebelumnya dirawat secara intensif di Puskesmas Lamasi kini telah kembali ke kediaman masing-masing," ucapnya.

BPBD Kabupaten Luwu juga mencatat kerugian materil sementara ada empat unit rumah rusak berat, dua unit rumah hanyut dan 60 unit rumah terdampak banjir dengan Tinggi Muka Air (TMA) berkisar antara 1 sampai 3 meter.

Selanjutnya, banjir bandang dan tanah longsor telah berdampak di enam kecamatan yang meliputi Kecamatan Walenrang, Walenrang Barat, Walenrang Utara, Walenrang Timur, Lemasi dan Lemasi Timur.

Banjir dipicu hujan dengan intensitas tinggi sehingga Sungai Batusitanduk sehingga meluap.

BERITA TERKAIT