test

News

Senin, 27 September 2021 09:07 WIB

Hujan Es Terjadi Dua Kali Dalam Sepekan di Depok, Ini Penjelasan BMKG

Editor: Hadi Ismanto

Ilustrasi hujan es. (Foto: PMJ News/Dok Net).

PMJ NEWS - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut hujan es dalam sepekan di Depok, Jawa Barat, merupakan fenomena yang memang kerap terjadi dalam masa transisi musim dari kemarau ke penghujan.

"(Diperkirakan berlangsung) sampai memasuki musim hujan. Fenomena tersebut lebih sering terjadi pada periode transisi dari musim kemarau ke hujan," ungkap Kepala Stasiun Klimatologi BMKG Bogor Indra Gustari, Minggu (26/9/2021).

Menurut BMKG, fenomena hujan es di Depok diprediksi berlangsung hingga Oktober nanti. Fenomena tersebut akan berhenti ketika masuk musim penghujan.

"Potensinya sampai awal bulan Oktober, seiring dengan awal musim yang sudah masuk di daerah tersebut," ujarnya.

Untuk itu, BMKG mengimbau masyarakat agar tetap waspada lantaran hujan es memiliki daya rusak yang tinggi.

"Jika ukurannya cukup besar, bisa merusak. Jika menimpa material yang tidak kuat, dapat menimbulkan kerusakan, misalnya pada atap rumah atau tanaman," katanya.

Untuk diketahui, dalam sepekan ini Depok dilanda curah hujan cukup tinggi. Bahkan pada Selasa (21/09/2021) netizen mengungkap fenomena hujan es.

Pada hari ini, hujan disertai angin kencang kembali melanda Kota Depok. Hujan tersebut kembali membuat sejumlah pohon besar tumbang dan menimpa kendaraan.

BERITA TERKAIT