test

News

Kamis, 23 September 2021 14:20 WIB

Temui Dubes Saudi, Kemenag Lobi Jemaah Umrah Indonesia Bisa Diberangkatkan

Editor: Hadi Ismanto

Kemenag) melalui Ditjen Haji dan Umrah menemui Duta Besar Arab Saudi, Esham Altsaqafi. (Foto: PMJ News/Dok Kemenag).

PMJ NEWS - Kementerian Agama (Kemenag) melalui Ditjen Haji dan Umrah menemui Duta Besar Arab Saudi, Esham Altsaqafi untuk membahas kuota jamaah Indonesia untuk pemberangkatan umrah.

"Kami berharap pemerintah Arab Saudi segera mencabut suspen dan memberi kesempatan kepada jemaah umrah Indonesia untuk bisa berangkat ke tanah suci," jelas Plt Direktur Jenderal Haji dan Umrah Kemenag, Khoirizi dalam keterangannya, Kamis (23/9/2021).

Dalam pertemuan tersebut, Khoirizi mengatakan penanganan Covid-19 di Indonesia terus membaik. Dia juga menjamin jemaah Indonesia akan mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah Saudi.

Sementara itu, Dubes Arab Saudi Esham Altsaqafi menegaskan pemerintahnya tidak pernah melarang umat Islam Indonesia untuk melaksanakan umrah. Namun, pengaturan dilakukan sebagai langkah antisipasi penganganan pandemi Covid-19.

Esham mengaku telah melaporkan kepada otoritas Arab Saudi bahwa kasus Covid-19 di Indonesia sudah mulai melandai. Informasi tersebut disampaikannya agar menjadi pertimbangan bagi pemerintah Arab Saudi.

Meski penyelenggaraan umrah sudah dibuka untuk beberapa negara, lanjut Esham, peminatnya hanya sekitar 1.000-1.500 orang. Dia mengatakan hal ini disebabkan prosedur penyelenggaraan umrah yang ketat demi mencegah penyebaran Covid-19.

BERITA TERKAIT