test

News

Rabu, 22 September 2021 16:05 WIB

Data Covid Membaik, Menlu RI Harap Saudi Tinjau Kebijakan Vaksin-Umrah

Editor: Ferro Maulana

Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi saat memberikan keterangan pers. (Foto: PMJ News/YouTube Setpres).

PMJ NEWS -  Pemerintah RI melalui Menteri Luar Negeri Retno Marsudi bertemu dengan Menlu Arab Saudi Faisal Bin Farhan Al-Saud di kota New York, Amerika Serikat hari ini Rabu (22/9/2021).

Dalam pertemuan itu, Retno menyampaikan data kasus Covid-19 di Tanah Air yang sekarang cenderung membaik. Perbaikan tersebut diharapkan mampu mempengaruhi kebijakan Saudi terhadap Indonesia, terutama terkait vaksin dan umrah.

"Dan mengharapkan kiranya data-data tersebut digunakan oleh otoritas Arab Saudi di dalam meninjau kembali kebijakan terkait vaksin, umrah dan lain-lain," terang Retno dalam siaran persnya, Rabu (22/9/2021).

Retno kembali menuturkan, ketika bicara tentang vaksin, ia menekankan, mengenai pentingnya menjadikan daftar penggunaan darurat atau emergency use listing (EUL) dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) sebagai rujukan dalam pengambilan kebijakan terkait vaksin.

Di samping itu, dalam pertemuan tersebut Retno juga membahas berkenaan perkembangan di Afghanistan dan akan melanjutkan koordinasi dengan Organisasi Kerja Sama Islam (OKI).

Sementara itu, pihak Kementerian Agama (Kemenag) dalam waktu dekat juga akan berkunjung ke Arab Saudi untuk membahas soal kesiapan penyelenggaraan umrah.

"Mudah-mudah dalam waktu dekat Kemenag akan berkunjung ke Arab Saudi untuk melakukan diplomasi tingkat tinggi," ungkap Plt Direktur Jenderal Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah Kemenag Khoirizi dalam diskusi daring, Selasa (21/9/2021).

 

 

 

BERITA TERKAIT