test

News

Selasa, 21 September 2021 18:05 WIB

Indonesia Kembali Kedatangan Dua Tahap Vaksin, Sinovac dan Sinopharm

Editor: Hadi Ismanto

Kedatangan Vaksin Sinovac. (Foto: PMJ News/YouTube Setpres).

PMJ NEWS - Indonesia kembali menerima kedatangan vaksin Covid-19 dalam dua tahap sekaligus. Dua jenis vaksin berbeda ini tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa (21/9/2021).

Kedatangan vaksin tahap ke-71 berupa 5.000.000 dosis CoronaVac produksi Sinovac. Dengan tambahan tersebut, total vaksin Coronavac yang sudah tiba di Indonesia menjadi 58.776.000 dosis.

Sedangkan untuk tahap ke-72, vaksin Covid yang sampai di Tanah Air adalah jenis Sinopharm sebanyak 200.000 dosis. Vaksin ini merupakan hibah dari Red Cross of Society China melalui mekanisme bilateral.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkomenfo), Johnny G. Plate mengatakan pemerintah masih akan terus mendatangkan vaksin Covid-19 dan segera melakukan distribusi lokasi di seluruh Indonesia.

Langkah ini, lanjut dia, untuk mengejar target capaian vaksinasi pada akhir 2021 sebanyak 70 persen masyarakat Indonesia agar terbentuk kekebalan komunal (herd immunity).

"Pemerintah berupaya keras agar tidak terjadi kekosongan stok vaksin," ujar Johny Plate dalam keterangannya,

Dengan kedatangan dua tahap vaksin Covid-19 hari ini, kata Johnny, hingga kini total vaksin yang diperoleh baik dalam bentuk bahan baku (bulk) maupun bentuk jadi total 267.550.400 dosis.

"Kedatangan vaksin menunjukkan stok vaksin aman," ucapnya.

Menurut Johnny, dalam upaya menyediakan vaksin Covid-19 ini pemerintah mengoptimalkan upaya diplomasi antar negara. Kerja sama yang dilakukan bersifat bilateral dan multilateral.

"Kedatangan dua tahap vaksin hari ini merupakan salah satu wujud keberhasilan upaya diplomasi Pemerintah Indonesia, yang akan terus ditingkatkan dan dioptimalkan. Ini menunjukkan stok vaksin aman," tukasnya.

BERITA TERKAIT