test

News

Senin, 20 September 2021 12:02 WIB

Kasus Aktif Covid-19 Jangan Sampai 50 Ribu, Pandemi Menuju Endemi

Editor: Fitriawan Ginting

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin memberikan keterangan pers. (Foto: PMJ News/YouTubeSetpres).

PMJ NEWS - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi mengungkapkan, pemerintah terus berupaya mengendalikan pandeemi Covid-19 untuk melangkah menuju endemic. Dikatakannya, kasus aktif harus dijaga agar tidak menembus lebih dari 500.000. Jumlah tersebut dengan melihat kapasitas ketersediaan tempat tidur di sejumlah rumah sakit.

"Pemerintah terus berupaya mengendalikan pandemic menjadi endemic. Total kapasitas tempat tidur di rumah sakit 400.000. Itu juga masih ada yang sakit selain Covid-19. 30 persennya untuk Covid-19menjadi 120.000," terang Budi Gunadi belum lama ini.

Ditambahkan Budi Gunadi, kasus aktif Corona di Indonesia nyaris di angka 500.000. Namun, kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, yang dilanjutkan PPKM mampu menekan kasus aktif.

"Kemarin pas lonjakan, kita hampir kena 500.000 (kasus aktif). Tapi kita masih bisa kendalikan, sehingga ke sininya (sampai sekarang) terkendali," urainya.

Hingga kini bersama seluruh instansi, pemerintah terus memaksimalkan vaksinasi Covid-19 ke seluruh masyarakat luas, guna membentuk herd immunity (Kekebalan Tubuh) agar tak mudah terpapar virus corona.

BERITA TERKAIT