test

News

Rabu, 17 Maret 2021 13:55 WIB

Menkes: Usai Divaksin Jangan Merasa Seperti Superman, Tetap Patuhi Prokes

Editor: Etty Kadriwaty

Penulis: Yeni Lestari

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin. (Foto: PMJ News/YouTube Setpres).

PMJ NEWS - Bagi masyarakat yang sudah divaksin Covid-19 diimbau untuk tetap menjalankan protokol kesehatan ketat. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menegaskan bahwa seseorang masih bisa tertular virus Corona meskipun sudah menerima suntikan vaksin dosis kedua.

Ia menegaskan bahwa semua orang yang sudah divaksinasi tak lantas berubah menjadi superhero yang kebal dari semua virus berbahaya.

"Lalu yang terjadi adalah apakah masih bisa tertular? Masih. Kita nggak tiba-tiba jadi Superman yang semua virus nggak bisa infeksi kita, termasuk Covid-19," kata Budi dalam rekaman suara yang diterbitkan Setwapres di Rumah Dinas Wapres, Jakarta, Rabu (17/3/2021).

Budi menjelaskan bahwa seseorang yang sudah divaksinasi juga masih bisa terjangkit dan menulari virus Corona. Karena itu, ia meminta agar semua masyarakat tetap wajib mematuhi protokol kesehatan meski sudah divaksinasi.

Budi lantas menjelaskan bahwa kekebalan tubuh manusia bisa terbentuk secara optimal selang 28 hari usai menerima vaksinasi Covid-19 dosis kedua.

"Kalau habis disuntik jangan seperti Superman, jalan-jalan ke mana-mana nggak pakai masker. Kekebalan optimal dari antibodi kita di hari 28 sesudah vaksin kedua," kata Budi.

Lebih lanjut, Budi menegaskan vaksinasi virus Corona sangat penting untuk dilakukan agar manusia memiliki antibodi.

Seperti diketahui, saat ini pemerintah tengah melakukan program vaksinasi nasional. Targetnya, 188 juta penduduk akan divaksin guna menciptakan kekebalan kelompok (herd immunity).

BERITA TERKAIT