test

News

Jumat, 3 September 2021 14:20 WIB

Terima Bantuan Vaksin AstraZeneca, Menlu Retno: Thank You Australia!

Editor: Hadi Ismanto

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi saat memberikan keterangan pers. (Foto: PMJ News/YouTube Setpres).

PMJ NEWS - Indonesia kedatangan 500 ribu dosis vaksin AstraZeneca melalui skema dose-sharing dari Pemerintah Australia. Pengiriman vaksin tahap ke-48 ini tiba pada Kamis (2/9/2021).

Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi mengatakan kedatangan vaksin ini merupakan pengiriman tahap pertama dari Pemerintah Australia. Rencananya, Indonesia akan menerima 2,5 juta dosis vaksin pada tahun 2021.

"Alhamdulillah, kita kembali menerima kedatangan vaksin AstraZeneca sebanyak 500 ribu dosis vaksin, yang merupakan dose sharing dari pemerintah Australia," ungkap Retno Marsudi seperti disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Dia menambahkan, pemerintah Australia juga telah berkomitmen untuk memberikan dukungan pengadaan vaksin untuk Indonesia senilai 77,1 juta dolar Australia yang akan disalurkan melalui UNICEF.

Menurut Retno, dukungan kerjasama vaksin ini merupakan salah satu topik bahasan dalam komunikasi dirinya melalui per telepon dengan Menteri Luar Negeri Australia Marise Payne termasuk yang terakhir di 7 Juli 2021.

Retno menjelaskan, untuk terus memperkokoh kemitraan strategis komprehensif antara kedua negara yang dibentuk tahun 2018, Indonesia dan Australia berencana untuk melakukan pertemuan 2+2 dalam waktu dekat.

"Pertemuan 2+2 adalah pertemuan antara Menlu-Menhan dalam hal ini antara Indonesia-Australia," ujarnya.

Selain pada tingkat Menteri, lanjut Retno, upaya memperkuat kerja sama penanganan Covid-19 juga sangat intensif dilakukan pada di tingkat pimpinan tertinggi negara. Presiden Jokowi dan PM Scott Morrison secara reguler melakukan pembicaraan, terakhir dilakukan 24 Juni 2021.

"Atas nama pemerintah Indonesia, saya sampaikan terima kasih kepada Pemerintah dan rakyat Australia atas dukungan kerja sama penanganan Covid-19. Thank you Australia!" tukasnya.

BERITA TERKAIT