test

News

Senin, 8 Maret 2021 13:35 WIB

Sebanyak 1,1 Juta Vaksin AstraZaneca Tiba Hari Ini

Editor: Hadi Ismanto

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan, dr. Siti Nadia Tarmidzi. (Foto: PMJ News/YouTube Setpres).

PMJ NEWS - Indonesia akan kembali menerima pengiriman vaksin Covid-19. Hari ini, Senin (8/3/2021), vaksin dari perusahaan farmasi asal Inggris, AstraZeneca akan tiba di Indonesia dalam bentuk jadi pada pukul 18.30 WIB.

"Benar (vaksin AstraZeneca tiba hari ini)," ujar Juru Bicara Vaksinasi dari Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi saat dihubungi PMJ News melalui pesan singkatnya, Senin (8/3/2021).

Pengiriman vaksin ini melalui skema kerjasama multilateral Aliansi Global untuk Vaksin dan Imunisasi (GAVI) COVAX Facility. Fasilitas tersebut merupakan kerjasama pengembangan vaksin antara Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan GAVI.

Nadia menjelaskan, vaksin akan tiba di Bandara Soekarno Hatta ini berjumlah jutaan dosis vaksin. Hal ini sesuai kesepakatan surat dari GAVI yang diteken pada akhir Januari lalu.

"Iya, (jumlahnya) 1,1 juta ya," sambungnya.

Sebelumnya, pada awal Februari lalu Nadia mengatakan GAVI telah mengkonfirmasi pengiriman vaksin ke Indonesia dengan alokasi tahap awal sebesar 13,7 juta hingga 23,1 juta dosis vaksin AstraZeneca.

Pengiriman vaksin AstraZeneca akan melalui dua tahap, yakni kuartal I sebanyak 25-35 persen dan kuartal II sebanyak 65-75 persen dari alokasi tahap awal tersebut.

BERITA TERKAIT