test

News

Rabu, 25 Agustus 2021 12:05 WIB

Ibu Menyusui Terpapar Covid-19, Menkes Sarankan Tetap Beri ASI

Editor: Etty Kadriwaty

Penulis: Yeni Lestari

Ibu yang menyusui kini boleh mendapatkan vaksinasi Covid-19. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi).

PMJ NEWS - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyarankan kepada ibu menyusui yang tengah terpapar Covid-19 agar tetap memberikan ASI kepada bayinya. Lantaran, virus Covid-19 tak dapat menular melalui ASI atau air susu ibu.

"Bagi ibu yang terkonfirmasi Covid-19, disarankan untuk menyusui bayinya karena virus Covid-19 tidak bisa menular melalui ASI," ujar Budi dalam acara 'Hari Puncak Pekan Menyusui Sedunia 2021' yang digelar secara virtual, Rabu (25/8/2021).

Budi lantas mengimbau kepada ibu menyusui agar tidak takut divaksin. Karena antibodi yang muncul usai divaksin akan terdeteksi dalam ASI, sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh bagi si bayi terhadap virus Covid-19.

"Agar antibodinya dapat terdeteksi melalui ASI sehingga dapat meningkatkan kekebalan bayi pada Covid-19," terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, Budi juga menyampaikan terkait menyusui yang serupa dengan investasi bagi kelangsungan dan kesehatan anak. Menurutnya, anak yang kurang mendapatkan ASI memiliki resiko stunting.

Budi kemudian mengimbau agar semua pihak bahu-membahu memberikan informasi pentingnya ibu untuk menyusui bayinya demi kesehatan anak.

"Memiliki resiko yang tinggi sekitar 2,6 kali lebih untuk mengalami stunting, khususnya di usia 0-6 bulan dan 2 kali lebih tingga ketika bayi berusia 6-23 bulan. Maka dari itu, mari gali informasi lebih dalam sebagai tanggung jawab bersama guna meningkatkan kesehatan dari masyarakat," tandasnya.

BERITA TERKAIT