test

Kesehatan

Senin, 13 April 2020 10:02 WIB

Kulit Kepala Sering Gatal, Begini Cara Mudah Mengatasinya

Editor: Hadi Ismanto

Kulir kepala gatal sering mengganggu aktivitas harian (Foto: Dok Net)

PMJ - Cuaca panas menjadi salah satu penyebab gatal pada kulit kepala. Kondisi ini tidak hanya mengganggu rasa nyaman dan kesegaran rambut, tapi juga bisa merusak penampilan.

Pasalnya, terkadang kulit kepala gatal juga dapat disertai oleh serpihan putih di kulit kepala, yang bahkan bisa menyebar ke pakaian. Namun sejatinya, masalah gatal kulit kepala bisa diatasi dengan mudah.

Seperti dilansir laman Timesofindia, Senin (13/4/2020), berikut beberapa bahan yang mudah dijumpai dan mampu menghilangkan gatal kulit kepala. Apa saja bahan dan cara penggunaannya, yuk simak penjelasan dibawah ini.

1. Air perasan lemon

Potong buah lemon, peras dan ambil air sarinya. Kemudian usapkan air sari perasan lemon ini ke area kulit kepala yang gatal (beri sedikit air agar cairan lemon menjadi semakin encer). Diamkan selama beberapa menit, kemudian keramas menggunakan sampo.

Selain cara ini, Anda juga bisa membuat campuran dari yogurt dan air perasan lemon, aduk pasta ini secara merata hingga jadi pasta kental. Aplikasikan ke kulit kepala, diamkan selama 15 menit lalu langsung keramas rambut hingga bersih.

2. Minyak kelapa

Pijat rambut dan kulit kepala Anda dengan menggunakan minyak kelapa. Minyak kelapa mengandung nutrisi yang tepat untuk rambut dan kulit kepala.

Pastikan ketika melakukan treatment ini, minyak kelapa benar-benar meresap ke dalam kulit kepala dan rambut dengan waktu minimal 30 menit sebelum rambut dibilas bersih.

3. Cuka apel

Cuci rambut hingga bersih, setelah itu ambil sedikit cairan cuka apel, dan air mineral secukupnya. Aduk rata, kemudian gunakan media kapas untuk mengoleskan cairan ini ke kulit kepala.

Diamkan hingga kering selama beberapa menit, kemudian bilas rambut hingga bersih. Lakukan ritual ini dua kali dalam seminggu hingga kondisi kulit kepala mengalami perubahan yang lebih baik.

4. Gunakan sampo bayi

Gunankan sampo bayi yang ringan, lembut dan bebas bahan kimia di sela-sela penggunaan sampo yang biasa digunakan. Sampo bayi juga bisa digunakan saat Anda masih mencari-cari sampo mana yang benar-benar tepat untuk Anda.

5. Rutin keramas dengan air dingin

Mencuci rambut dengan air dingin akan mengurangi rasa gatal pada kulit kepala. Sebaliknya, keramas dengan suhu air yang cukup panas akan menghilangkan pelembab alami pada rambut, di mana hal ini dapat membuat rambut jadi kering dan gatal.(Hdi)

BERITA TERKAIT