test

News

Senin, 12 Juli 2021 21:01 WIB

Kasus Covid-19 Naik, Menkes: Butuh 20.000 Perawat dan 3.000 Dokter

Editor: Ferro Maulana

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin saat memberikan keterangan. (Foto: PMJ News/Dok Setpres).

PMJ NEWS -  Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menuturkan upaya meningkatkan kapasitas atau jumlah tempat tidur bagi pasien Covid-19 harus diimbangi juga dengan tambahan tenaga kesehatan. Seperti, dokter dan perawat.

“Kita juga memerlukan tambahan dari perawat dan juga dokter. Kita sudah mengidentifikasi ada kebutuhan antara 16.000-20.000 perawat,” terangnya dalam siaran pers, dilansir dari YouTube Setpres, hari ini Senin (12/7/2021).

Menkes melanjutkan, pihaknya sudah mempersiapkan perawat yang telah lulus pendidikan dan uji kompetensi, termasuk yang kini berada di tingkat akhir.

Menurut Menkes, berdasarkan instruksi Presiden Joko Widodo, dirinya akan segera berkoordinasi dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan untuk segera menyalurkan perawat-perawat tersebut ke berbagai fasilitas kesehatan yang membutuhkan.

Selanjutnya terkait dokter, Menkes menyebut ada kebutuhan lebih dari 3.000 dokter seiring dengan peningkatan kasus positif Covid-19.

“Dokter-dokter yang akan selesai internship-nya di tahun ini ada sekitar 3.900, jadi kita sudah mempersiapkannya untuk segera masuk,” tutupnya.

BERITA TERKAIT