test

News

Rabu, 30 Juni 2021 19:35 WIB

Menko PMK: Vaksinasi Covid-19 Bagi Anak dan Ibu Hamil Sudah Dimulai

Editor: Hadi Ismanto

Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy. (Foto: Dok Net).

PMJ NEWS - Menko Pembangunan dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy menyebut pemerintah telah memulai vaksinasi untuk ibu hamil, ibu menyusui, dan anak-anak usia 12-18 tahun.

"Pemerintah sangat concern dan memberikan perhatian khusus kepada ibu hamil, ibu melahirkan, bayi, dan anak-anak untuk melindungi mereka dari Covid-19. Itu terbukti dengan telah dimulainya vaksinasi kepada mereka itu," jelas Muhadjir dalam keterangan tertulis, Rabu (30/6/2021).

Muhadjir mengatakan, saat ini memang belum ada kajian terkait dampak jangka panjang infeksi Covid-19 pada bayi dan anak. Termasuk risiko dan pengaruhnya pada SDM Indonesia di masa depan.

Oleh karena itu, Muhadjir mendukung Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) untuk dapat bekerja sama dengan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), untuk mengkaji dampak jangka panjang Covid-19 dan antisipasinya pada anak-anak Indonesia.

"Indonesia ini akan dilanjutkan oleh mereka yang sekarang baru lahir dan anak-anak. Masa depan Indonesia akan sangat ditentukan oleh mereka. Dan saya sangat men-support, sangat setuju dengan apa yang diinisiasi KPAI untuk fokus kepada dampak Covid-19 pada anak," kata Muhadjir.

Mantan Mendikbud ini pun meminta dukungan KPAI, khususnya perwakilan KPAI di daerah untuk turut andil memberikan perhatian khusus kepada kasus Covid-19 yang menjalar ke anak-anak.

Dia berharap KPAI bisa menggandeng organisasi non profit yang bergerak dalam perlindungan anak untuk memberikan sosialisasi kepada orang tua terkait pentingnya vaksin, pentingnya protokol kesehatan, yang juga bertujuan untuk melindungi anak-anak dari virus.

"Inisiatif daerah, inisiatif organisasi yang punya perpanjangan tangan di daerah termasuk Inisiatif KPAI sebetulnya punya andil besar terhadap selesai tidaknya Covid-19 dan juga memberikan perlindungan pada anak-anak kita," tukasnya.

BERITA TERKAIT