test

Kesehatan

Jumat, 18 Juni 2021 10:35 WIB

5 Manfaat Kopi Hijau Untuk Kesehatan Selain Jadi Menu Diet

Editor: Hadi Ismanto

Berbeda dari kopi pada umumnya, kopi hijau atau green coffee bermanfaat untuk membakar lemak dengan cepat. (Foto: PMJ News/Dok Net).

PMJ NEWS - Berbeda dari kopi pada umumnya, kopi hijau atau green coffee bermanfaat untuk membakar lemak dengan cepat. Kopi jenis ini terbuat dari buah kopi yang belum dipanggang.

Proses tanpa pemanggangan itu menjadikan biji kopi ini mengandung tingkat asam klorogenat yang lebih tinggi dibandingkan kopi biasa. Asam klorogenat dianggap mempunyai sejumlah manfaat bagi kesehatan.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (18/6/2021), berikut manfaat kopi hijau selain dipercaya bisa menurunkan berat badan.

1. Meningkatkan Mood
Manfaat kopi hijau bagi kesehatan yang lainnya adalah kemampuannya untuk meningkatkan mood atau suasana hati seseorang, dan juga meningkatkan kinerja otak kognitifnya.

Kafein yang terkandung dalam kopi hijau memiliki efek yang baik dan positif terhadap mood atau suasana hati, dan juga pada aktivitas otak Anda.

2. Mengontrol Tekanan Darah
Manfaat kopi hijau bisa membantu mengendalikan tekanan darah. Kandungan asam klorogenat dalam green coffee merupakan senyawa antioksidan yang kuat.

Pasalnya, senyawa antioksidan ini menghambat kortisol aktif, yakni hormon yang bisa meningkatkan tekanan darah. Beberapa orang juga meminum kopi hijau karena diduga dapat meningkatkan elastisitas arteri, hingga menurunkan tekanan darah.

3. Menurunkan Hipertensi
Kopi hijau membantu menurunkan hipertensi. Ketika Anda mengonsumsi 140 mg ekstrak biji kopi per hari menunjukkan hasil penurunan tekanan darah di tubuhnya.

Sejauh ini, tidak ada laporan mengenai efek samping yang dialami oleh pasien tersebut. Hal ini membuat minuman kopi hijau dikenal sebagai salah satu cara yang aman untuk membantu mengurangi tekanan darah tinggi atau hipertensi.

4. Membantu Turunkan Kolesterol Jahat
Kopi hijau bagi dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dalam tubuh. Kopi hijau ternyata mampu mengurangi tingkat kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh. Kadar kolesterol dapat terkontrol apabila sering mengonsumsi biji kopi hijau.

5. Menghambat Proses Penuaan
Manfaat kopi hijau bisa menghambat proses penuaan. Biji kopi hijau merupakan salah satu sumber kandungan antioksidan yang menawarkan efek anti penuaan.

Asam klorogenat dalam bijinya dilaporkan dapat memperbaiki sifat kulit dan fungsi sirkulasi mikro pada manusia. Dengan konsumsi asam klorogenat selama delapan minggu dapat meningkatkan hidrasi kulit.

BERITA TERKAIT