test

News

Jumat, 28 Mei 2021 10:05 WIB

5 Makanan yang Wajib Dikonsumsi Agar Tetap Sehat di Usia 40 Tahun

Editor: Hadi Ismanto

Konsumsi gandum utuh dapat memberikan manfaat baik bagi kesehatan jantung. (Foto: PMJ News).

PMJ NEWS - Saat memasuki usia 40 tahun, sejumlah masalah kesehatan mulai timbul. Umumnya yang sering terjadi di antaranya tingginya kadar kolesterol, prediabetes, obesitas, sindrom metabolik dan hipertensi.

Untuk mencegah keluhan tersebut, pola makan dan gaya hidup sehat harus mulai diterapkan. Selain itu, olahraga rutin serta tidur yang cukup dan pengelolaan tingkat stres juga mempengaruhi kesehatan di usia 40an.

Sedangkan terkait pola makan, penting untuk mendapatkan asupan dari sumber protein yang baik, lemak yang sehat, gandum utuh, serat yang cukup, hingga antioksidan.

Seperti dilansir laman Times of India, Jumat (28/5/2021), setidaknya ada lima asupan makanan yang perlu diperhatikan demi menunjang kesehatan pada usia 40 tahun.

1. Protein Baik
Biasakan untuk mulai mendapatkan asupan protein dari sumber yang baik. Beberapa contohnya adalah daging tanpa lemak, telur, ikan berlemak yang kaya omega 3, kacang-kacangan, dan susu rendah lemak.

Protein sebaiknya dikonsumsi sebanyak satu gram per kilogram berat badan setiap hari.

2. Gandum Utuh
Konsumsi gandum utuh dapat memberikan manfaat baik bagi kesehatan jantung karena memiliki kandungan vitamin B kompleks. Di samping itu, gandum utuh juga dapat menunjang kesehatan usus.

Beberapa contoh sumber gandum utuh yang baik untuk dikonsumsi adalah oat, broken wheat, millet, dan nasi merah.

3. Lemak Baik
Asupan lemak baik dapat memberikan efek perlindungan bagi kesehatan jantung. Lemak baik bisa didapatkan dari makanan seperti alpukat, zaitun, minyak cold-pressed, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

4. Serat
Asupan serat dapat memberikan efek perlindungan terhadap tekanan darah, kadar kolesterol, dan berat badan. Asupan serat yang cukup bisa memberikan perasaan kenyang yang lebih lama sehingga dapat membantu mencegah munculnya keinginan makan berlebih.

Serat bisa didapatkan dari sayur dan buah. Sayur dan buah juga kerap memiliki antioksidan yang tinggi sehingga dapat membantu mencegah kanker.

5. Cairan
Hidrasi yang terjaga dengan baik akan membuat fungsi otot dan ginjal menjadi lebih terjaga. Orang-orang yang kurang menyukai air putih bisa mencoba alternatif yang sehat seperti infused water.

BERITA TERKAIT