test

News

Kamis, 17 Juni 2021 10:50 WIB

Jelang Hari Bhayangkara, Ratusan Personel Ditlantas PMJ Siap Donorkan Darah

Editor: Ferro Maulana

Dirlantas Polda Metro Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo jalin kerjasma donor darah dengan perempuan jenggala. (Foto: Instagram Jenggala).

PMJ NEWS - Ditlantas Polda Metro Jaya, Perempuan Jenggala, dan Palang Merah Indonesia (PMI) telah menggelar kegiatan donor dalam rangka memperingati Hari Donor Darah Sedunia yang diperingati setiap tanggal 14 Juni.

Dirlantas Polda Metro Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengungkapkan, polisi selalu terbuka sekaligus mendukung siapa pun yang mengajak kegiatan kemanusiaan.

"Selama itu kegiatan sosial dan menyangkut kepentingan orang banyak. Ditlantas akan selalu terbuka dengan organisasi atau instansi apapun,” terang Sambodo dalam siaran pers tertulisnya di Jakarta.

Aksi donor darah. (Foto: Instagram Perempuan Jenggala)
Aksi donor darah. (Foto: Instagram Perempuan Jenggala)

“Kemudian menjelang Hari Bhayangkara kami kembali bekerja sama menggelar donor darah," tuturnya menambahkan.

Sambodo melanjutkan, Ditlantas Polda Metro Jaya siap menerjunkan 100 personel untuk turut menyumbangkan darahnya.

Sementara itu, Ketua Umum Perempuan Jenggala, Vicky W Kartiwa menambahkan, kegiatan donor darah dilakukan sebagai bentuk kampanye agar masyarakat kembali menyumbangkan darah.

Alasannya, selama pandemi Covid-19, stok darah PMI mengalami penurunan drastis.

"Sejak pandemi kami dapat berita stok darah di PMI berkurang drastis maka kami galang donor darah,” sambungnya.

“Kami berharap kegiatan ini, bisa meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya donor darah untuk menyelamatkan nyawa orang lain," tutur Vicky.

Di kesempatan yang sama, Ketua Bidang Unit Donor Darah PMI Pusat, dr Linda Lukitasari Waseso menyambut baik kegiatan donor darah ini. Dirinya menilai penggalangan darah di saat pandemi, selain menambah stok darah PMI untuk rumah sakit yang membutuhkan.

Selain itu, kegiatan donor darah juga dapat kembali membangkitkan semangat memberikan sumbangan darah pada masyarakat. Ia kembali menegaskan bahwa donor darah di saat pandemi tidak menularkan virus Covid-19.

Menurutnya, tidak pernah ada penelitian yang menunjukkan bahwa penyebaran Covid-19 terjadi akibat darah.

BERITA TERKAIT