test

News

Senin, 7 Juni 2021 14:35 WIB

Covid-19 Mengganas, Kelurahan Kayu Putih Putuskan Mikro Lockdown

Editor: Fitriawan Ginting

Penulis: Yeni Lestari

Lurah Artika Ristiana dari Kelurahan Kayu Putih, Pulogadung, Jakarta Timur. (Foto : PMJ/Yenni).

PMJ NEWS - Lurah Artika Ristiana dari Kelurahan Kayu Putih, Pulogadung, Jakarta Timur, telah menerapkan mikro-lockdown di wilayah RT 11/09, Kelurahan Kayu Putih, Jakarta Timur sejak 26 Mei 2021 lalu. Keputusan diambil usai 22 warganya terindentifikasi positif Covid-19.

"Yang terkonfirmasi positif Covid-19 ada 22 orang. 14 orang menjalani isolasi di Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet, 3 orang di Rumah Sakit Harapan Jayakarta, dan sisanya menjalani isolasi mandiri," ungkap Artika kepada wartawan, Senin (7/6/2021).

"Dengan adanya cluster Covid-19 tersebut, maka kami memutuskan untuk melakukan pengetatan wilayah atau mikro-lockdown di RT 11/09 ini sejak tanggal 26 Mei 2021," imbuhnya.

Artika melanjutkan, kasus aktif Covid-19 di wilayah RT 11/09 tersebut berasal dari klaster keluarga, namun ada kemungkinan besar juga berasal dari klaster kerumunan mengingat di wilayah tersebut terdapat taman yang digunakan oleh para warga secara bebas dalam beraktivitas.

"Taman juga termasuk, ini di tempat kita berdiri juga ditutup sementara selama 14 hari ke depan guna meminimalisir timbulnya kerumunan," lanjut Artika.

Artika menambahkan dalam menangani kasus aktif Covid-19 di wilayah tersebut, pihaknya tak hanya menerapkan mikro-lockdown. Namun juga turut mendistribusikan bantuan-bantuan terhadap warga yang terdampak agar dapat melewati masa pandemi Covid-19.

"Kita juga melakukan penanganan dan pemenuhan kebutuhan bagi yang bersangkutan seperti kebutuhan makanan, obat, serta vitamin. Juga rutin melakukan penyemprotan disinfektan di rumah yang menjadi lokasi isolasi mandiri. Ini tentunya diharapkan dapat membantu dan mensupport masyarakat dalam menangani Covid-19," tukasnya.

BERITA TERKAIT