test

Kesehatan

Rabu, 4 Agustus 2021 14:05 WIB

Rumah Oksigen Gotong Royong Resmi Beroperasi, Terima Pasien Tanpa Biaya

Editor: Fitriawan Ginting

Penulis: Yeni Lestari

Ruang perawatan pasien Covid-19. (Foto: PMJ/IG Gojek Indonesia).

PMJ NEWS - Rumah Oksigen Gotong Royong (ROGR) yang berlokasi di Pulo Gadung, Jakarta Timur resmi beroperasi sejak Senin (2/8/2021) kemarin.

ROGR merupakan fasilitas kesehatan semi permanen hasil inisiasi GoTo Group, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, PT Aneka Gas Industri Tbk (Samator Group), Master Steel, Tripatra, Halodoc dan Yayasan Anak Bangsa Bisa (YABB).

Tempat ini akan menerima perawatan pasien Covid-19 dengan gejala ringan atau pasien Covid-19 yang memiliki saturasi di atas atau sama 90% dan tidak memiliki komorbid.

"Kami bersyukur Rumah Oksigen Gotong Royong pertama ini bisa beroperasi. Kami berharap, fasilitas ini dapat menolong banyak orang yang terpapar Covid-19 dengan gejala ringan untuk mendapatkan bantuan oksigen,"  terang Ketua Umum Kadin Indonesia, Arsjad Rasjid, Rabu (4/8/2021).

Lebih lanjut, bagi masyarakat yang terpapar Covid-19 dengan gejala ringan dan ingin mendapatkan perawatan di ROGR, maka dapat mendaftarkan diri melalui dua cara yaitu dengan melalui aplikasi Halodoc atau memberikan surat rujukan.

Berikut ini merupakan cara pendaftaran melalui aplikasi Halodoc:

1. Melakukan book appointment dengan memilih tanggal dan waktu melalui aplikasi Halodoc.
2. Jika appointment telah dikonfirmasi, maka pasien dapat langsung datang ke Rumah Oksigen Gotong Royong sesuai dengan jadwal serta membawa hasil antigen reaktif atau PCR positif Covid-19.
3. Pengecekan kartu identitas seperti KTP dan verifikasi hasil antigen atau PCR yang dilakukan tim Halodoc di ROGR Pulo Gadung.
4. Pasien melakukan cek kondisi kesehatan oleh tenaga kesehatan.
5. Jika memenuhi syarat, tim Halodoc akan menyelesaikan perjanjian kunjungan pasien melalui aplikasi Halodoc dan kemudian akan mulai menjalani perawatan.
6. Jika tidak memenuhi syarat, perjanjian kunjungan akan dibatalkan dan pasien akan dirujuk ke rumah sakit lain sesuai dengan gejala yang diderita.

Pasien yang dirawat di Rumah Sakit Oksigen Gotong Royong tidak akan dimintai biaya perawatan dan akan mendapatkan fasilitas kesehatan serta makanan bergizi sebanyak 3 kali dalam sehari.

BERITA TERKAIT