logo-pmjnews.com

test

News

Minggu, 3 Januari 2021 09:09 WIB

Kasus Covid-19 Melonjak, Kota Tokyo Siap Umumkan Status Darurat

Editor: Ferro Maulana

Penyebaran Covid-19 di Tokyo Jepang. (Foto: Dok Net)
Penyebaran Covid-19 di Tokyo Jepang. (Foto: Dok Net)

PMJ NEWS -  Pemerintah Kota Tokyo di Jepang, akan meminta pemerintah pusat pada Sabtu (2/1/2021) waktu setempat atau Minggu (3/1/2021) WIB untuk mengumumkan status darurat menyusul kembali melonjaknya jumlah kasus Covid-19, mengutip media lokal di Jepang. 

Gubernur Tokyo Yuriko Koike siap membuat permintaan itu bersama dengan Menteri Ekonomi Yasutoshi Nishimura, yang mengkoordinasikan pemerintah untuk memerangi pandemi Covid-19, demikian menurut laporan surat kabar Nikkei, melansir beberapa sumber.Tidak ada jawaban atas panggilan yang dibuat oleh Reuters ke kantor gubernur.

Prefecture Saitama, yang berada di utara Tokyo, akan membuat permintaan serupa ke pemerintah pusat pada Sabtu, demikian menurut stasiun siaran nasional NHK.

Sementara itu, Perdana Menteri Yoshihide Suga telah menolak seruan untuk mengembalikan status darurat nasional, yang sempat ditetapkan pada April pada gelombang pandemi lebih awal.

Negeri Matahari Terbit bergantung pada penutupan bisnis dan pembatasan perjalanan secara sukarela, alih-alih kebijakan pembatasan (lockdown) yang ketat seperti yang terlihat di sebagian wilayah Eropa dan Amerika Serikat.

Tokyo meningkatkan level siaga hingga tingkat tertinggi pada 17 Desember dan telah meminta restoran dan bisnis-bisnis lain untuk tutup pada pukul 10 malam.

Penyebaran Covid-19 baru di Tokyo mencapai angka rekor 1.337 pada 31 Desember dan pada Jumat mencapai 738. Rekor nasional juga tercatat pada 31 Desember dengan jumlah kasus baru sebanyak 4.520. (NHK News/ Reuters). 

BERITA TERKAIT