test

Kesehatan

Minggu, 30 Mei 2021 11:04 WIB

Studi: Minum Segelas Susu Bisa Kurangi Resiko Sakit Jantung

Editor: Hadi Ismanto

Segelas usu secara signifikan bisa mengurangi risiko sakit jantung. (Foto: PMJ News/Dok Net).

PMJ NEWS - Mengonsumsi makanan dan minuman tertentu seperti alpukat dan kacang-kacangan dinilai bisa menjaga kesehatan. Bahkan sebuah studi terbaru menunjukkan susu secara signifikan bisa mengurangi risiko sakit jantung.

Seperti dilansir dari laman Metro, Minggu (30/5/2021), minum satu gelas susu setiap hari sangat bagus untuk kesehatan jantung. Hal ini dipublikasikan oleh International Journal of Obesity pekan ini.

Studi ini melibatkan sekira 2 juta orang dari Inggris dan Amerika Serikat. Mereka dipilih berdasarkan kelompok orang yang mengonsumsi minuman susu dalam kadar tinggi.

Hasil studi menunjukkan bahwa kelompok peminum susu yang rutin setidaknya satu gelas sehari, memiliki risiko terkena penyakit jantung koroner 14 persen lebih rendah.

Dengan mempelajari kesehatan begitu banyak jumlah individu, para ilmuwan menemukan bahwa orang-orang dengan mutasi yang memungkinkan mereka untuk mengonsumsi susu dalam jumlah besar itu kurang rentan terhadap penyakit kardiovaskular.

Studi itu menjadi temuan menarik, mengingat selama ini minuman susu lekat dengan kadar kolesterolnya yang tinggi dan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Namun nyatanya studi terbaru ini menunjukkan kelompok orang yang rutin minum susu mempunyai kadar kolesterol baik dan jahat yang lebih rendah.

Kabar baiknya lagi, tim ilmuwan justru tidak mendapati hubungan antara minum susu secara teratur dan peningkatan kadar kolesterol.

BERITA TERKAIT