test

Kesehatan

Jumat, 31 Maret 2023 10:04 WIB

4 Minuman Sehat yang Mampu Menghidrasi Tubuh Saat Buka Puasa

Editor: Hadi Ismanto

Minuman sehat bukan saja dapat menghidrasi tubuh, minuman tersebut juga bisa membawa beragam manfaat bagi kesehatan. (Foto: Kolase PMJ News)

PMJ NEWS - Setelah berpuasa sejak terbit fajar, saat berbuka puasa tentu tubuh perlu dihidrasi dengan banyak minum. Ada baiknya, kamu mengonsumsi minuman sehat yang memang direkomendasikan.

Minuman sehat bukan saja dapat menghidrasi tubuh, minuman tersebut juga bisa membawa beragam manfaat tambahan seperti memasok energi, mengisi elektrolit yang hilang selama berpuasa, dan mendukung proses detoksifikasi.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (31/3/2023), berikut sejumlah minuman sehat yang dinilai baik dan disarankan untuk berbuka puasa.

1. Air Kelapa
Air kelapa sangat direkomendasikan untuk berbuka puasa karena mampu menghidrasi tubuh sekaligus mengisi kembali elektrolit tubuh yang hilang selama berpuasa.

Di dalam 100 ml air kelapa, setidaknya terdapat 105 mg natrium, 250 mg kalium, 25 mg magnesium, 24 mg kalsium, dan 20 mg fosfor.

Beragam jenis elektrolit yang terkandung pada air kelapa berperan penting untuk menjaga kerja sistem saraf, kontraksi otot, termasuk otot jantung, menjaga keseimbangan pH atau tingkat keasaman tubuh, dan menjaga keseimbangan cairan.

2. Jus Buah
Kamu juga bisa pilih jus buah atau smoothies untuk diminum saat berbuka puasa. Ada beragam jenis buah dengan kandungan air tinggi yang bisa kamu olah menjadi jus, seperti semangka, melon, dan blewah.

Selain mampu menghidrasi tubuh, buah juga diketahui kaya akan kandungan nutrisi penting bagi tubuh, termasuk serat, vitamin, dan mineral. Agar lebih sehat, hindari menambahkan gula, susu kental manis, atau pemanis buatan berlebihan.

3. Infused Water
Untuk berbuka puasa, kamu juga bisa membuat infused water di rumah. Infused water adalah minuman yang dibuat dari campuran air putih dengan buah-buahan atau rempah-rempah, seperti lemon, jeruk nipis, stroberi, daun mint, dan kayu manis.

Selain membantu menghidrasi tubuh, infused water yang ditambah buah juga bisa membantu meningkatkan energi, membantu penurunan berat badan, hingga mendukung proses detoksifikasi atau pembuangan racun dalam tubuh.

4. Susu
Segelas susu juga merupakan pilihan minuman yang baik untuk kamu konsumsi saat berbuka puasa. Pasalnya, kandungan protein dalam susu bermanfaat untuk membuat perut terasa kenyang.

Dengan begitu, kamu diharapkan bisa terhindar dari risiko peningkatan berat badan akibat makan secara berlebihan saat berbuka puasa.

BERITA TERKAIT