test

Kesehatan

Minggu, 24 September 2023 15:36 WIB

Cegah Osteoporosis, Ini Empat Makanan-Minuman yang Wajib Dihindari

Editor: Hadi Ismanto

Kalsium dan vitamin D penting untuk menjaga kesehatan tulang. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi)

PMJ NEWS - Banyak teori yang menyebut untuk mencegah resiko pengeroposan tulang atau osteoporosis di masa tua seseorang harus mengonsumsi susu. Mereka bahkan menambahkan kalsium dan vitamin D.

Seorang profesor di Brigham and Women's Hospital di Departemen Bedah Ortopedi di Boston, Liz Matzkin mengatakan kalsium dan vitamin D penting untuk menjaga kesehatan tulang.

Kendati begitu, apabila mengonsumsi melebihi dosis yang dianjurkan per hari dapat menjadi bumerang dan berbahaya. Kebutuhan kalsium dan vitamin D bergantung pada usia.

"Jadi pastikan Anda mengetahui dosis optimal untuk Anda," ujar Liz Matzkin seperti dilansir dari laman HuffPost, Minggu (24/9/2023).

Selain itu, menghindari asupan yang berdampak buruk untuk tulang juga tidak kalah penting. Berikut jenis makanan dan minuman yang sebaiknya tidak dikonsumsu untuk membantu mengurangi risiko osteoporosis.

1. Alkohol
Matzkin memperingatkan peningkatan konsumsi alkohol dapat mengubah kemampuan tubuh dalam menyerap nutrisi penting yang sebenarnya bermanfaat bagi kesehatan tulang, seperti kalsium, vitamin D, dan magnesium.

Meskipun kalsium dan vitamin D sering mendapat sorotan dalam hal ini, hormon seks, seperti testosteron pada pria dan estrogen pada wanita, juga penting untuk memastikan tulang kuat.

2. Kafein
Meski banyak disukai, kopi tidak memberikan bahan bakar bagi tulang. Selain kopi, tambahan minuman energi, soda, teh dan suplemen atau produk apa pun yang mengandung kafein, juga tidak banyak manfaatnya untuk tulang.

"Kafein telah terbukti meningkatkan kehilangan kalsium dan menurunkan penyerapan kalsium, yang keduanya berdampak negatif terhadap kesehatan tulang," jelas Matzkin.

Pertimbangkan pilihan kopi atau teh tanpa kafein jika Anda hanya membutuhkan sesuatu untuk menghangatkan Anda atau, lebih baik lagi, segelas besar air putih.

Food and Drug Administration merekomendasikan tidak lebih dari 400 miligram kafein sehari (sekitar 4-5 cangkir kopi), yang juga merupakan pedoman yang baik untuk kesehatan tulang.

3. Dedak Gandum
Dedak gandum yang menyehatkan jantung ternyata dapat berdampak negatif pada kesehatan tulang. Dedak gandum yang umumnya merupakan hasil dari penggilingan gandum ini memiliki kandungan fitat yang tinggi sehingga dapat menghambat penyerapan kalsium.

Karena itu, memiliki banyak manfaat lain tidak perlu menghilangkannya sepenuhnya dari menu makanan Anda, cukup kurangi asupannya. “Seperti hampir semua makanan, moderasi adalah kuncinya," ucapnya.

4. Garam
Garam biasanya dikaitkan dengan tekanan darah tinggi daripada pengeroposan tulang. Namun hal ini memang harus menjadi pertimbangan bagi kesehatan tulang, terutama bagi kelompok lanjut usia dan berisiko.

"Waspadalah terhadap garam yang tersembunyi di dalam daging, makanan ringan, dan makanan olahan seperti potongan daging dingin,” tuturnya.

BERITA TERKAIT