test

Kesehatan

Jumat, 21 Mei 2021 10:05 WIB

Dahsyat, Ini Lima Manfaat Konsumsi Jagung Buat Jantung dan Mata

Editor: Hadi Ismanto

Jagung baik dikonsumsi bagi penderita diabetes dan membantu mengurangi resiko penyakit jantung. (Foto: PMJ News).

PMJ NEWS - Jagung menjadi salah satu bahan pangan yang mudah dijumpai di Indonesia. Tanaman bernama Latin Zea mays memiliki banyak manfaat jagung untuk kesehatan.

Jagung mengandung beragam nutrisi seperti karbohidrat, protein, serat serta sejumlah vitamin dan mineral. Selain itu, jagung juga mengandung lemak dalam jumlah sedikit, namun jenis lemak ini adalah lemak baik.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (21/5/2021), berikut beberapa manfaat jagung bagi kesehatan. Mulai dari menurunkan kolesterol hingga mengurangi resiko penyakit jantung.

1. Bantu Turunkan Kolesterol
Menurut Journal of Nutritional Biochemistry, konsumsi minyak kulit jagung akan menurunkan kolesterol LDL dengan mengurangi penyerapan kolesterol dalam tubuh.

Penurunan kolesterol LDL tidak berarti pengurangan kolesterol HDL, yang dianggap “kolesterol baik” dan memiliki berbagai efek yang menguntungkan pada tubuh.

2. Melindungi Jantung
Menurut peneliti, minyak jagung telah terbukti memiliki efek anti-aterogenik pada tingkat kolesterol, sehingga mengurangi risiko berbagai penyakit kardiovaskular.

Minyak jagung, khususnya, adalah cara terbaik untuk meningkatkan kesehatan jantung, dan ini berasal dari fakta bahwa jagung dekat kombinasi asam lemak yang optimal.

3. Baik untuk Kesehatan Mata
Katarak dan degenerasi makula merupakan salah satu penyebab kebutaan yang paling umum. Ada beberapa hal yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit ini, yaitu proses penuaan dan nutrisi.

Asupan nutrisi yang mengandung antioksidan berupa karotenoid seperti zeaxanthin dan lutein, diperlukan untuk menjaga kesehatan mata. Keduanya berperan menangkal efek kerusakan sel mata sehingga diduga dapat mengurangi risiko degenerasi makula dan katarak.

4. Mengontrol Diabetes dan Hipertensi
Jagung dianggap berkaitan dengan penurunan tanda-tanda diabetes. Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi biji jagung dapat membantu pengelolaan insulin dan efektif terhadap hipertensi karena adanya phytochemical fenolik di seluruh jagung.

Fitokimia dapat mengatur penyerapan dan pelepasan insulin dalam tubuh, yang dapat mengurangi kemungkinan pasien untuk membantu mempertahankan gaya hidup yang lebih normal.

5. Mengatasi Depresi
Selain menjadi kunci untuk mendapatkan kondisi fisik yang sehat, makanan yang kaya nutrisi juga baik untuk menjaga kesehatan mental.

Meski nutrisi atau pola makan tertentu yang bisa menyembuhkan depresi belum ada, namun ada penelitian yang menunjukkan bahwa nutrisi yang baik mempunyai kaitan dengan kesehatan mental seseorang.

BERITA TERKAIT