test

Kesehatan

Minggu, 20 Juni 2021 12:02 WIB

Meski Rasanya Pahit, Ini Lima Khasiat Madu Hitam

Editor: Hadi Ismanto

Madu hitam yang pahit memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi).

PMJ NEWS - Sejak turun temurun, madu dipercaya dapat meningkatkan stamina dan menjaga imunitas tubuh. Salah satu jenis madu yang dinilai sangat baik untuk kesehatan adalah madu hitam.

Jenis madu hitam biasanya dihasilkan oleh lebah hutan jenis Apis Dorsata yang menghisap nektar dari pohon mahoni sehingga warnanya cenderung lebih hitam dan pekat.

Berbeda dari jenis madu yang memiliki rasa manis, madu hitam mempunyai ciri hhas berwarna pekat dan rasa yang pahit. Kendati begitu, madu jenis ini tidak kalah berkhasiat.

Seperti dilansir dari berbagai sumber, Minggu (20/6/2021), berikut beragam manfaat madu hitam pahit bagi kesehatan.

1. Bantu Turunkan Kadar Gula Darah
Sebagaimana dilansir Health Benefits, manfaat kesehatan dari madu hitam yang mengandung kadar glukosa rendah dan alkaloid yang sangat tinggi merupakan kombinasi yang bagus untuk menurunkan kadar gula darah.

Selain itu, penglihatan yang biasanya kabur bisa normal kembali, dan frekuensi buang air kecil di malam hari bisa sedikit berkurang.

2. Bantu Redakan Nyeri Sendi
Nyeri sendi akibat asam urat bisa disembuhkan dengan madu hitam. Sifat detoks (penetral racun) yang terkandung dalam madu juga dapat menetralkan zat purin, penyebab utama asam urat, yang dapat terurai dan mudah dikeluarkan oleh ginjal.

3. Bantu Sembuhkan Maag
Penderita sakit maag sering mengalami nyeri dan mual saat maag terjadi. Hal ini karena produksi asam lambung meningkat, sehingga perut menjadi kembung.

Mengonsumsi madu hitam secara rutin dipercaya dapat dengan cepat mengurangi dan menyembuhkannya bahkan dapat membuat pencernaan tubuh menjadi normal.

4. Mempercepat Penyembuhan Luka
Selain menjaga sistem imun tubuh, madu hitam juga dipercaya dapat mempercepat proses penyembuhan luka pada kulit dengan cara sering dioleskan pada luka bakar.

5. Sebagai Antibiotik
Madu hitam memiliki sifat bakteriostatik, istilah yang digunakan untuk menunjukkan adanya zat yang berfungsi sebagai penghambat laju aktivitas bakteri atau biasa disebut antibiotik.

Sebagai antibiotik alami, madu aman digunakan untuk mengobati penyakit infeksi ringan, seperti: sesak napas, sakit tenggorokan dan batuk.

BERITA TERKAIT