test

Kesehatan

Jumat, 9 April 2021 09:55 WIB

5 Manfaat Buah Kelengkeng untuk Kesehatan Tubuh

Editor: Hadi Ismanto

Buah kelengkeng ternyata juga menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. (Foto: PMJ News).

PMJ NEWS - Hampir semua orang pernah mengonsumsi buah kelengkeng. Buah berbentuk bulat ini memiliki rasa yang manis ini sangat populer di Asia, terutama di negara-negara Asia Tenggara seperti Indonesia.

Selain disukai karena rasanya yang manis, buah kelengkeng juga menyimpan banyak manfaat kesehatan. Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (9/4/2021), berikut manfaat kesehatan dari kelengkeng.

1. Sumber vitamin C yang baik
Mengonsumsi ½ mangkuk kelengkeng sudah dapat memenuhi 80 persen asupan harian vitamin C Anda. Penyerapan zat besi bergantung pada vitamin C. Vitamin C bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh dan menjaga kesehatan kulit dari dalam.

2. Mengandung antioksidan
Antioksidan berperan penting untuk menangkal radikal bebas penyebab berbagai penyakit di dalam tubuh. Kelengkeng kaya akan antioksidan yang dapat membantu mencegah penyakit jantung, peradangan kronis, serta kanker.

3. Baik untuk kesehatan jantung
Buah kelengkeng mengandung zat besi yang dapat membantu memproduksi sel darah merah. Selain itu, zat antioksidan di dalam kelengkeng mampu melawan radikal bebas yang menyebabkan penyakit jantung.

4. Cegah penyakit batu ginjal
Kelengkeng merupakan salah satu di antara buah-buahan yang akan mampu cegah penyakit batu ginjal karena mengandung mineral cukup tinggi guna mencegah terjadinya gumpalan kristal mineral yang disebut batu ginjal.

5. Mengatasi diabetes
Bagi Anda yang miliki riwayat penyakit diabetes, kelengkeng baik untuk dikonsumsi. Buah kelengkeng juga dipercaya dapat mengatasi diabetes. Sebuah penelitian menyebut kandungan fenolik buah kelengkeng mampu menurunkan kadar glukosa darah.

BERITA TERKAIT