test

News

Minggu, 16 Mei 2021 10:06 WIB

Tes Acak Arus Balik, Pemudik Reaktif Covid-19 Dibawa ke RSDC Wisma Atlet

Editor: Hadi Ismanto

Pos penjagaan penyekatan untuk mencegah pemudik. (Foto: PMJ News).

PMJ NEWS - Untuk menekan angka penyebaran Covid-19, Polda Metro Jaya bersama stakeholder lainnya akan menggelar tes swab antigen secara acak terhadap pemudik yang masuk wilayah Jakarta dan sekitarnya saat arus balik Lebaran.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo menyebut apabila ditemukan pemudik atau penumpang kendaraan yang diketahui reaktif Covid-19 akan dibawa ke Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran

Selanjutnya, mereka yang diketahui positif Covid-19 tersebut untuk menjalani tes usap PCR dan isolasi sementara hingga menunggu hasilnya keluar.

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo. (Foto: PMJ News/Fjr).
Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo. (Foto: PMJ News/Fjr).

"Kalau ada yang reaktif, pihak pemda melalui Dinas Perhubungan dan Satpol PP DKI akan memeriksa dan membawa ke wisma atlet untuk dilanjutkan dengan PCR. Selama menunggu hasil PCR maka dia akan diisolasi," ungkap Sambodo, Sabtu (15/5/2021).

Menurut Sambodo, untuk pelaksanaan tes acak ini Ditlantas Polda Metro Jaya telah menyiapkan 12 pos titik pemeriksaan antigen terhadap pengendara kembali dari luar kota menuju Jakarta.

Bagi pengendara yang melintasi Tol Cikampek-Jakarta, petugas akan memeriksa surat bebas Covid-19 secara acak atau random di KM 34B. Apabila pengendara tidak dapat menunjukkan surat itu, maka akan diarahkan untuk menjalani tes antigen.

Sambodo mengatakan, pihaknya menyiapkan kendaraan bus untuk mengangkut pendatang yang reaktif menuju Wisma Atlet dengan periode pemberangkatan sejam sekali.

BERITA TERKAIT