test

Kesehatan

Sabtu, 15 Mei 2021 12:02 WIB

5 Minuman Ini Bantu Lunturkan Lemak Usai Makan Sajian Santan

Editor: Hadi Ismanto

Minum teh hijau empat cangkir sehari bisa menurunkan kolesterol. (Foto:PMJ News/Dok Net).

PMJ NEWS - Saat Lebaran kita banyak disajiankan makanan penuh lemak seperti opor dan gulai. Kuliner khas Idul Fitri ini tentunya dapat menambah timbunan lemak di tubuh.

Tapi jangan khawatir, agar tumpukan lemak tersebut tidak menetap ada beberapa jenis minuman yang bisa dikonsumsi untuk mengurangi berat badan pasca-Lebaran.

Seperti dilansir dari laman Healthline, minuman jenis tertentu dapat membantu menurunkan berat badan dengan meningkatkan metabolisme tubuh. Berikut lima minuman yang untuk membakar lemak tubuh.

1. Air Putih
Setelah tidak lagi berpuasa, sudah waktunya meningkatkan kembali konsumsi air putih untuk tubuh. Minum lebih banyak air juga dapat bermanfaat bagi lingkar pinggang dan membuat kenyang antara waktu makan serta meningkatkan jumlah kalori yang dibakar tubuh.

Penelitian menunjukkan minum air sebelum makan dapat membuat Anda mengurangi konsumsi kalori dan menurunkan berat badan. Penelitian lain juga mendapati konsumsi air dingin dapat meningkatkan pengeluaran energi saat istirahat.

2. Teh Hijau
Beberapa penelitian telah membuktikan teh hijau dapat mengurangi berat badan dan lemak tubuh. Hasil dari 14 studi menunjukkan orang yang minum teh hijau berkonsentrasi tinggi selama 12 pekan, mengalami penurunan berat badan 0,2-3,5 kg.

Selain itu, orang yang minum teh hijau cenderung memiliki tekanan darah lebih rendah dan risiko lebih rendah terkena penyakit jantung, kanker jenis tertentu, dan diabetes.

3. Kopi
Kopi mengandung kafein dan merupakan zat yang bertindak sebagai stimulan dalam tubuh yang bermanfaat mengurangi berat badan.

Studi yang melibatkan 33 orang dewasa dan kelebihan berat badan serta minum kopi yang mengandung 6 mg kafein per kilogram berat badan akan mengasup kalori lebih sedikit dibandingkan yang tidak minum kopi sama sekali.

4. Teh Jahe
Jahe biasanya digunakan sebagai bumbu untuk menambah rasa pada hidangan dan juga sebagai obat herbal yang bermanfaat ketika mual, pilek, dan radang sendi.

Berdasarkan penelitian menunjukan akar beraroma ini juga memiliki efek penurunan berat badan. Teh jahe membantu mengurangi nafsu makan dan meningkatkan pengeluaran kalori.

5. Jus Sayuran
Jika jus buah dikaitkan dengan kenaikan berat badan, konsumsi jus sayuran justru memiliki efek kebalikan. Pada sebuah penelitian, orang dewasa yang minum 16 ons jus sayur rendah natrium mengalami penurunan berat badan yang lebih signifikan.

Konsumsi sayuran utuh bila memungkinkan adalah pilihan terbaik untuk kesehatan karena banyaknya serat yang hilang dalam pembuatan jus.

BERITA TERKAIT