test

News

Jumat, 14 Mei 2021 13:45 WIB

Gubernur DKI Minta Pemudik Masuk Jakarta Wajib Tes Covid-19

Editor: Hadi Ismanto

Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta saat memberikan keterangan. (Foto: PMJ News/Dok Net).

PMJ NEWS - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan melakukan tes acak terhadap semua pemudik yang akan masuk Ibu Kota. Hal ini untuk mengantisipasi lonjakan angka Covid-19 pasca libur Lebaran.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, tes akan dilakukan dua kali ketika orang akan masuk Jakarta dan ketika sudah sampai di tempat tujuan di ibu kota.

"Pertama adalah melakukan skrining di pintu-pintu masuk menuju Jakarta di Jabodetabek. Untuk kendaraan pribadi nanti akan dilakukan skrining random bagi mereka yang masuk," ungkap Anies di Balai Kota Jakarta, Jumat (14/5/2021).

Sementara untuk pengguna transportasi umum, baik udara, laut, darat dan kereta api menurut Anies lebih mudah diawasi karena wajib tes Covid-19 sebelum berangkat ke Jakarta.

Setelah diperiksa di perjalanan, mereka yang dinyatakan boleh masuk Jakarta tetap akan diperiksa lagi ketika sampai di tujuan. Anies memerintahkan, gugus tugas RT/RW berkoordinasi dengan camat, lurah, babinkamtibmas, babinsa mendata setiap warga.

"Jadi Ketua RT/RW, gugus tugasnya akan melakukan monitoring sehingga seluruh warga yang datang akan dilakukan pemantauan, dicek kondisinya, dipastikan yang bersangkutan sehat, yang bersangkutan tidak bergejala. Dan akan dilakukan tes rapid antigen," tuturnya.

Selain itu, pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) juga akan memperbanyak titik tes Covid-19 acak sepanjang jalur darat menuju Jakarta.

Mulai dari daerah Karawang tepatnya di Jembatan Timbang Balonggandu, Pos Tegal Bubuk Susulan dari arah Palimanan ke Jatibarang serta yang datang dari Indramayu ke arah Jatibarang.

Sedangkan untuk kendaraan pribadi di jalan tol juga dilakukan testing pada 21 titik yang terbagi di 13 rest area dan 5 di gerbang utama pintu tol mulai dari pintu tol Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jawa Barat. Termasuk juga yang datang dari arah Merak di 2 titik rest area.

BERITA TERKAIT