test

News

Sabtu, 8 Mei 2021 20:08 WIB

Covid-19 di Dunia 1 Minggu 5,7 Juta Kasus, Menlu: Masyarakat Harus Waspada

Editor: Ferro Maulana

Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi saat memberikan keterangan pers. (Foto: PMJ News/YouTube Sekretariat Presiden).

PMJ NEWS -  Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi menuturkan masyarakat Indonesia harus tetap waspada terhadap risiko penularan virus Covid-19. Apalagi sejumlah negara saat ini tengah menghadapi lonjakan kasus positif Covid-19.

Menlu menyebutkan berdasarkan data laporan mingguan Badan Kesehatan Dunia (WHO) terkait kasus epidemiologi global Covid-19 di pekan lalu sampai 2 Mei 2021 menunjukkan bahwa jumlah kasus global dalam dua minggu terakhir melebihi jumlah kasus selama enam bulan pertama pandemi.

“Jumlahnya sangat tinggi, dengan lebih dari 5,7 juta kasus per minggunya," tutur Menlu dalam siaran persnya , di Bandar Udara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, hari ini Sabtu (8/5/2021).

"Kondisi ini penting menjadi pengingat kita semua bahwa penyebaran virus ini masih terjadi di mana-mana. Kita harus terus waspada,” imbaunya.

Situasi Covid-19 di India. (Foto: Dok Net)
Situasi Covid-19 di India. (Foto: Dok Net)

Menlu kembali menjelaskan, per hari Jumat (7/5/2021), jumlah kasus positif dunia telah melebihi 157 juta kasus dengan angka kematian lebih dari 3,2 juta orang.

Adapun wilayah Asia Tenggara yang dalam terminologi WHO terdiri dari India, Indonesia, Nepal, Bangladesh, Sri Lanka, Thailand, Maldives, Timor Leste, Myanmar, dan Bhutan mengalami kenaikan kasus tertinggi.

Yakni, 19 persen dilihat dari kurun waktu seminggu sampai 2 Mei 2021.

“Dengan kenaikan kasus baru, maka kasus baru Asia Tenggara merupakan 47 persen dari kasus baru dunia selama kurun waktu tersebut,” ungkapnya.

Di kesempatan yang sama, Retno pun mengimbau seluruh pihak untuk terus disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.

Serta ikut berpartisipasi dalam program vaksinasi yang tengah digulirkan pemerintah sebagai bagian dari ikhtiar untuk keluar dari pandemi Covid-19.

“Setiap dari kita dapat menjadi bagian dari ikhtiar untuk mencegah peningkatan penyebaran virus Covid-19. Caranya, kita sukseskan ikhtiar vaksinasi yang sedang dilakukan pemerintah," paparnya.

"Dan, tidak kalah pentingnya terus patuhi protokol kesehatan. Jangan pernah kendur,” imbaunya menegaskan.

Lebih jauh Menlu mengatakan, dengan mematuhi protokol kesehatan maka akan dapat melindungi diri sendiri dan juga orang lain.

BERITA TERKAIT